Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Foto dari rawpixel.com/Freepik

Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk semua pendidik dan pelajar di Indonesia!

 

Pendidikan adalah investasi penting untuk masa depan karena manfaatnya dalam membentuk pola pikir, sekaligus memperluas koneksi untuk membuka peluang kerja dan bisnis sebagai jalan menuju kesuksesan. Saking pentingnya, beberapa orang rela mengeluarkan banyak biaya dan menghabiskan waktu yang panjang dalam hidupnya untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin. Dalam keuangan, ada “pendidikan” yang dibutuhkan untuk mampu memaksimalkan manfaat uang yang kita miliki, atau disebut juga literasi keuangan.

 

Apa Itu Literasi Keuangan?

 

Pernah melihat atau mendengar orang yang tidak kenal tanggal tua karena pandai mengelola uang gaji? Atau justru bisa menambah penghasilan tanpa kerja tambahan?

 

Kepandaian mengelola keuangan bisa terbentuk karena adanya literasi keuangan. Literasi keuangan sendiri adalah berbagai pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan tentang bagaimana uang dapat digunakan semaksimal mungkin untuk membangun hidup yang sejahtera.

 

Aspek Literasi Keuangan

 

Aspek-aspek atau hal-hal yang membentuk pemahaman tentang keuangan terdiri dari beberapa hal. Adanya aspek-aspek literasi keuangan membuktikan bahwa pemahaman tentang keuangan tidak terbatas pada mengatur pengeluaran saja, tetapi juga pemilihan produk keuangan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan aset.

 

Ilmu Dasar Keuangan

Ilmu dasar keuangan adalah pemahaman mengenai hal-hal yang dapat memengaruhi pertumbuhan keuangan. Hal-hal tersebut bisa berupa sesuatu yang terjadi secara luas dan memengaruhi ekonomi negara maupun dunia, seperti inflasi. Bisa juga berupa hal-hal yang sifatnya mikro, seperti likuiditas (kemudahan untuk mencairkan aset), bunga, dan nilai waktu/time value of money (perubahan nilai uang setiap waktu).

Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan adalah cara mengelola gaji atau penghasilan dengan sebaik-baiknya agar dapat dicukupkan untuk kebutuhan, keinginan, dan dana masa depan. Ada banyak cara untuk mengelola uang, salah satunya dengan rumus 40 – 30 – 20 – 10, seperti di gambarkan dalam grafik di bawah ini.

Saran Alokasi Gaji dari Danamart

Pentingnya Literasi Keuangan

 

Literasi keuangan adalah pendidikan penting yang wajib ditempuh semua kalangan, baik berpendidikan tinggi maupun tidak, baik bekerja maupun memiliki usaha sendiri. Mengapa kita perlu literasi keuangan? Berikut adalah alasannya.

 

Membantu dalam Memilih Produk Keuangan

Pengetahuan dalam literasi keuangan akan membantu Anda dalam menentukan strategi dan cara mencapai target keuangan. Dengan adanya literasi keuangan, Anda akan tahu bahwa penentuan strategi dan cara mencapai target keuangan perlu memerhatikan jangka waktu dan toleransi terhadap risiko (profil risiko). Dalam memilih produk keuangan, Anda perlu mengambil keputusannya secara sadar dan memang dibutuhkan untuk mencapai target keuangan yang ditentukan.

 

Memahami Cara Kelola Gaji Secara Maksimal

Dengan literasi keuangan, Anda akan tahu bahwa gaji atau penghasilan perlu diatur secara seimbang agar cukup untuk kebutuhan, keinginan, dan sekaligus persiapan dana masa depan. Penghasilan Anda perlu dinikmati, tapi jangan sampai terlena dengan keinginan hingga lupa mempersiapkan dana masa depan, yang sangat penting untuk jaga-jaga, jika Anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan, usaha mengalami penurunan, atau untuk bisa menikmati masa pensiun secara maksimal.

 

Menghindari Investasi Bodong

Kini, investasi sudah menjadi tren di kalangan kaum muda dan kaum tua sebagai cara untuk menumbuhkan uang yang dapat melindungi nilai uang dari pengikisan akibat inflasi, juga sebagai jalan meraih kekayaan. Namun, sayangnya, banyak orang terjebak dalam investasi bodong karena iming-iming keuntungan dan klaim bebas risiko. Dengan literasi keuangan, Anda dapat mencegah aset Anda menguap karena investasi bodong dengan memahami ciri-ciri investasi terpercaya.

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

 

Sebagai penyelenggara layanan keuangan berizin OJK, Danamart senantiasa melakukan upaya perluasan literasi keuangan melalui konten-konten media sosial yang dapat diakses siapapun secara gratis dan mudah. Tidak hanya di media sosial, Danamart juga telah dipercaya untuk mengisi materi literasi keuangan di sejumlah universitas ternama, seperti Universitas Indonesia dan Binus University.

CEO Danamart di Ruang Kuliah Vokasi UI
CEO Danamart & Sekjen ALUDI Patrick Gunadi dalam Kuliah Umum di Vokasi UI
CMO & CEO Danamart dalam Seminar Literasi Keuangan di Binus University

Dengan akses literasi keuangan, kami berharap agar pengguna layanan urun dana Danamart, khususnya investor, dapat meningkatkan kekayaan dengan memahami cara mengelola keuangan dan memilih investasi yang terpercaya. Follow akun Instagram Danamart untuk berbagai tips dan ilmu keuangan, serta peluang investasi ter-update. Jangan lupa kunjungi website Danamart atau hubungi tim Danamart untuk informasi lebih lanjut tentang peluang investasi di urun dana Danamart!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

OECD
Akan Seperti Apa Investasi di Indonesia, Jika Indonesia Menjadi Anggota OECD?
Kampus-Vokasi-UI_814A2655-800x533_c
Warga Jabodetabek, Yuk Belajar Investasi di Acara Vokasi UI!
travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

OECD
Kampus-Vokasi-UI_814A2655-800x533_c
travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id