Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Foto dari macrovector/Freepik

Seberapa luaskah akses listrik di Indonesia?

 

Data terbaru YLKI (2023) menunjukkan bahwa akses listrik di Indonesia telah mencapai 99,68% per tahun 2022, sebuah angka yang membanggakan dan menandakan luasnya akses listrik di Indonesia. Namun, terlepas dari angka tersebut, juga adanya masyarakat yang memilih tidak menggunakan listrik karena alasan adat dan budaya, mengapa masih ada daerah yang belum teraliri listrik? Mari kita pelajari bersama!

 

Mengapa Ada Daerah yang Belum Tersentuh Akses Listrik?

 

Kondisi Alam yang Sulit Diakses

Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya kondisi alam yang sangat beragam di 38 provinsinya. Bagi daerah-daerah yang dekat kota besar, mereka beruntung karena mudah tersentuh pembangunan karena dapat terakses melalui jalan tol dan jalan raya berkondisi mulus. Namun, daerah di pulau yang jauh dan berada di pegunungan, misalnya, sulit diakses oleh kendaraan karena lokasinya yang terpencil. Contohnya saja, Jawa Barat bagian selatan yang sempat menjadi prioritas perluasan akses listrik oleh pemerintah karena sulit dijangkau, karena terletak dalam hutan. 

 

Kondisi Ekonomi Yang Kurang Mampu

Percaya atau tidak, masalah ini terjadi di Jawa Barat, sebuah daerah yang masih dekat dengan Jakarta sebagai pusat perekonomian di Indonesia dan tidak lewat dalam pikiran ketika menyebut daerah ‘terpencil’. Namun, per November 2023, tercatat ada 22.000 rumah di Jawa Barat yang belum tersentuh akses listrik karena ketidakmampuan masyarakat dalam membayar tagihan listrik bulanan.

Sumber: Berita Kompas.com (2023)

Minimnya Untung dari Pembangkit Listrik Terpencil

Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai program pembangunan di Indonesia memerlukan dukungan investor sebagai penyokong dana pembangunan, baik investor dalam negeri maupun luar negeri. Tingginya biaya pembangunan pembangkit listrik terpencil, sayangnya, tidak dibarengi oleh tingginya pemasukan dari pembayaran tagihan listrik bulanan sehingga untung yang didapatkan juga kurang maksimal.

 

 

Sumber Energi Listrik yang Langka

Energi fosil yang persediaannya terbatas dan tidak dapat diperbarui masih menjadi sumber energi “utama” dan diandalkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kelangkaan yang dibarengi tingginya kebutuhan energi fosil untuk listrik akan menyebabkan biaya listrik yang mahal, terutama bagi masyarakat kurang mampu. Apalagi jika terjadi kenaikan harga minyak dunia. 

 

Solusi Keterbatasan Akses Listrik

 

Untuk mengatasi tantangan kondisi alam dan kondisi ekonomi masyarakat, pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan menjadi solusi keterbatasan akses listrik yang dapat menjangkau daerah terpencil dengan sumber energi yang terjangkau dan pasokannya stabil, seperti pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH). 

 

Apa Itu Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro?

Dari sumber energi, pembangkit listrik tenaga mikrohidro mirip dengan pembangkit listrik tenaga air karena sama-sama menggunakan air untuk menghasilkan energi listrik. Bedanya, pembangkit listrik tenaga mikrohidro adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan aliran air dari ketinggian yang berbeda untuk memutar turbin dan generator untuk menghasilkan energi listrik. Selain itu, jika pembangkit listrik tenaga air, seperti PLTA Jatiluhur, mendapatkan airnya dari waduk atau bendungan, pembangkit listrik tenaga mikrohidro menggunakan aliran air dari sumber berskala kecil, seperti sungai, air terjun alami, dan bahkan saluran irigasi.

 

Berapa Daya Listrik yang Dihasilkan?

Dengan skalanya yang kecil, pembangkit listrik tenaga mikrohidro mampu menghasilkan daya sebesar 5 kW – 1 MW per unitnya. Dengan daya tersebut, pembangkit listrik mikrohidro umumnya digunakan sebagai pembangkit listrik pelengkap. 

 

Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro 

 

Tidak Memerlukan Lahan Luas

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro tidak memerlukan bendungan atau waduk untuk menampung air yang akan digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Cocok untuk memperluas jangkauan akses listrik ke daerah dengan kondisi alam yang kurang kondusif untuk membangun waduk atau bendungan.

 

Daya Pakai Alat yang Panjang

Alat yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro memiliki “umur” yang panjang, yakni dapat mencapai 50 tahun. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa perawatan pembangkit listrik tenaga mikrohidro lebih mudah karena keawetan alat-alatnya.

 

Sumber Energi yang Berkelanjutan

Selain karena air adalah sumber energi yang mudah untuk diperbarui, pembangkit listrik tenaga mikrohidro tidak menghasilkan polusi yang dapat mencemari udara dan menyebabkan masalah kesehatan bagi masyarakat di sekitar pembangkit listrik.

 

Manfaat Ekonomi dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro

 

Dibangunnya pembangkit listrik tenaga mikrohidro akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Misalnya, keberadaan pembangkit listrik tenaga mikrohidro dapat menambah pasokan atau suplai listrik ke UMKM yang berada di desa setempat. UMKM adalah tulang punggung perekonomian yang sangat penting perannya dan perlu didukung kemudahan produksinya untuk menggerakkan perekonomian desa.

 

Anda pun punya peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Contohnya adalah pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Gununghalu, Jawa Barat, dari PT Denkino Sarana Mandiri yang sudah berkali-kali menghadirkan peluang investasi di urun dana Danamart dengan riwayat pembayaran yang lancar. Klik untuk informasi selengkapnya tentang peluang investasi di proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

 

Investasi securities crowdfunding Danamart, atau investasi urun dana Danamart, adalah layanan investasi berizin OJK yang mengedepankan dampak kegiatan usaha bagi lingkungan dan masyarakat, sesuai prinsip ESG. Dengan misi untuk mewujudkan pemerataan akses modal dan investasi untuk mendukung UKM dan startup, Danamart menghadirkan peluang investasi terjangkau dengan minimum hanya 100 ribu rupiah dan tingkat keuntungan hingga 16% per tahun. Pelajari selengkapnya tentang peluang investasi di urun dana Danamart melalui website Danamart atau dengan menghubungi tim Danamart!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

OECD
Akan Seperti Apa Investasi di Indonesia, Jika Indonesia Menjadi Anggota OECD?
Kampus-Vokasi-UI_814A2655-800x533_c
Warga Jabodetabek, Yuk Belajar Investasi di Acara Vokasi UI!
travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

OECD
Kampus-Vokasi-UI_814A2655-800x533_c
travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id