Ciri-ciri Investasi Online Terpercaya

Danamart sebagai platform investasi online terpercaya dalam media gathering Mei 2023.
Danamart sebagai penyelenggara investasi online securities crowdfunding dalam media gathering pada Mei 2023

71% investor perseorangan di Indonesia memilih untuk berinvestasi melalui aplikasi, menurut data dari Populix per 1 Desember 2022. Artinya, investasi online menjadi favorit kebanyakan orang di Indonesia karena kemudahan dan kepraktisannya untuk mengelola dana mereka tanpa harus menghabiskan waktu di tempat tertentu yang akan mengganggu jam kerja. Di balik kelebihan-kelebihan tersebut, kamu harus berhati-hati dalam memilih tempat berinvestasi. Salah-salah, bukannya untung, kamu akan rugi karena ulah penyelenggara nakal. Yuk, kita kenalan dengan investasi online dan ciri-ciri investasi online terpercaya!

 

Apa Itu Investasi Online?

 

Investasi sendiri adalah penanaman uang untuk mendukung modal perusahaan atau proyek tertentu dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan. Sementara, ‘online‘ adalah aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan sistem dan jaringan internet. Jadi, bisa disimpulkan bahwa investasi online adalah penanaman uang untuk mendapatkan untung melalui tempat atau platform yang menggunakan jaringan internet, seperti website dan aplikasi.

 

Ciri-ciri Investasi Online Terpercaya

 

Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

 

Sebelum memulai investasi di perusahaan penyelenggara tertentu, cek apakah mereka sudah terdaftar di OJK. Informasi ini bisa dipastikan kebenarannya melalui website atau aplikasi, serta pencarian Google. Dengan terdaftar di lembaga yang terlibat langsung dalam proses penyusunan aturan dan pengawasan jalannya layanan keuangan, penyelenggara tersebut memiliki legalitas yang jelas dan hak-hakmu sebagai konsumen terjamin perlindungannya. Hak tersebut meliputi hak perlindungan data pribadi dan perlindungan hukum jika terjadi sesuatu pada dana investasimu. Lebih bagus lagi jika penyelenggara sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

 

Menjanjikan Keuntungan yang Masuk Akal

 

Cara ini sedikit rumit karena perlu dilakukan dengan menggali informasi pada Peraturan OJK (POJK) dan penyelenggara-penyelenggara lain. Namun, ada cara mudahnya, yaitu dengan mencari artikel pembahasan POJK pada asosiasi investasi yang akan kamu coba, seperti ALUDI untuk securities crowdfunding. Selain itu, kamu bisa mencari besarnya keuntungan yang ditawarkan sebuah instrumen dari lembaga lain yang sudah lebih dahulu beroperasi.

 

Tidak Menjanjikan ‘Bebas Risiko’

 

Semua investasi pasti memiliki risiko, baik itu risiko perubahan harga di pasar maupun risiko yang terjadi karena perubahan ekonomi dan politik. Pastikan penyelenggara layanan investasi tujuanmu memberitahukan hal tersebut. Jika tidak, kamu perlu berpikir ulang atau bahkan membatalkan niat untuk berinvestasi di situ.

 

Apakah Investasi Securities Crowdfunding Terpercaya?

 

Jawabannya adalah: Ya.

 

Kamu tidak perlu khawatir untuk memulai investasi online di securities crowdfunding karena layanan ini sudah diatur dalam POJK 57/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi dan POJK 16/2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi. Selain itu, penyelenggara securities crowdfunding biasanya mencantumkan risiko dengan jelas di platform mereka.

 

Contohnya adalah Danamart dengan minimal investasi 100 ribu dan imbal hasil sampai dengan 18% per tahun. Tidak hanya itu, calon investor juga dibantu untuk memahami investasi securities crowdfunding di Danamart dengan kejelasan informasi tentang cara kerja, tenor masing-masing investasi, dan risiko-risiko yang perlu dipahami investor pada beranda website-nya. Yuk, pelajari lebih lanjut dan gabung sekarang di https://danamart.id!

 


 

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id!

 

Referensi

https://swa.co.id/swa/trends/tren-investasi-meningkat-71-orang-indonesia-berinvestasi-lewat-aplikasi

https://ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/Pages/Pengelolaan-Investasi.aspx

https://depositobpr.id/blog/investasi-aman-4-ciri-ciri-dan-instrumen-investasi-yang-aman

https://depositobpr.id/blog/fintech-yang-terdaftar-di-ojk#:~:text=OJK%20memiliki%20wewenang%20langsung%20dalam,penting%20untuk%20menjamin%20keamanan%20uang.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id