Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi

bunga investasi
Foto dari freepik/Freepik

Dalam khidmatnya suasana bulan Ramadhan, dunia dikejutkan oleh serangan Iran ke Israel pada Senin, 1 April 2024. Serangan rudal secara bertubi-tubi tersebut tidak hanya menimbulkan kekhawatiran terkait keamanan dan pertahanan saja, tetapi juga kondisi ekonomi yang terancam sulit karena naiknya harga minyak dunia yang sangat penting perannya dalam menggerakkan kegiatan perekonomian. Secara sederhana, jika masyarakat dunia secara umum dibuat was-was karena ancaman Perang Dunia 3, para pemilik usaha dan juga investor merasakan hal yang sama karena ancaman kesulitan untuk untung karena peningkatan biaya operasional.

Masalah Investasi Saat Masa Perang

 

Ancaman Kerugian Bisnis

Perang, terutama di kawasan Timur Tengah yang kaya cadangan minyak, tentu berpotensi menimbulkan lonjakan biaya operasional karena kenaikan harga bahan dan ongkos distribusi produk akibat kelangkaan minyak. Dengan lonjakan biaya operasional, pemilik usaha akan penuh rasa takut rugi karena kemungkinan kebutuhan menaikkan harga produk untuk menutupi biaya operasional, yang akan membuat pelanggan beralih ke merk lain. Tidak hanya pemilik usaha, investor juga dibayangi rasa takut rugi karena perusahaan yang diinvestasikan terancam tidak dapat membagikan keuntungan yang sudah dijanjikan kepada investor.

 

Kenaikan Volatilitas

Kenaikan nilai tukar dolar Amerika akan menimbulkan kenaikan volatilitas instrumen investasi dalam negeri. Apa itu volatilitas?

Volatilitas adalah tingkat fluktuasi atau besarnya perubahan harga aset investasi dalam periode waktu tertentu, atau selisih antara harga terendah dan harga tertinggi dalam satu waktu. Volatilitas bisa disebut ‘market mood‘ atau mood pasar karena menggambarkan perubahan nilai aset investasi berdasarkan mood atau ketertarikan investor terhadap suatu instrumen investasi.

 

Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi

 

Dengan ancaman kenaikan suku bunga dolar Amerika untuk menahan laju inflasi, investor beralih minat ke investasi yang bisa memberikan pendapatan tetap (fixed income). Penyebabnya, instrumen investasi berpendapatan tetap memberikan “jaminan” keuntungan, alias cara kerja pembagian keuntungannya sudah ditentukan. Dengan demikian, walaupun kinerja bisnis yang diinvestasikan sedang kurang baik, investor tetap akan mendapatkan keuntungan yang menjadi haknya, sesuai cara kerja pembagian keuntungan yang sudah ditentukan.

 

Contoh Investasi Pendapatan Tetap

 

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat (dalam hal ini adalah para investor) untuk difokuskan alokasinya ke instrumen surat utang (obligasi) dengan masa jatuh tempo lebih dari satu tahun. Artinya, ketika Anda membeli reksadana pendapatan tetap untuk investasi, dana investasi Anda sebagian besarnya dialokasikan ke instrumen surat utang (obligasi) tersebut.

 

Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang berisi janji pihak penerbit efek atau instrumen investasi untuk membayar imbalan kepada investor, berupa bunga (kupon) pada periode tertentu dan melunasi pinjaman (pokok) pada akhir waktu yang telah ditentukan, kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

 

Investasi Obligasi

 

Tingkat Risiko

Investasi obligasi cocok untuk Anda yang punya profil risiko moderat, atau dapat menoleransi risiko sedang dengan keuntungan yang sesuai. Artinya, jika Anda mampu menerima risiko investasi dalam jangka menengah (1 – 5 tahun) dengan perubahan harga yang tidak drastis, Anda dapat mencoba investasi obligasi.

 

Jenis-jenis Investasi Obligasi

 

Berdasarkan Penerbitnya

 

Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah, sesuai namanya, adalah surat utang yang diterbitkan pemerintah untuk mendapatkan pendanaan tambahan guna mewujudkan rencana pembangunan dalam lingkup kerja pemerintah. Contoh obligasi pemerintah adalah Surat Utang Negara (SUN), Obligasi OR atau Rekap, Obligasi Ritel Indonesia (ORI), dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN/Sukuk Negara).

 

Obligasi Korporasi

Obligasi korporasi adalah surat utang yang diterbitkan perusahaan di Indonesia, baik BUMN maupun swasta. Berbeda dari obligasi pemerintah, obligasi korporasi diterbitkan untuk menambah modal perusahaan guna menunjang perkembangan dan pertumbuhan perusahaan penerbit obligasi.

 

Berdasarkan Kupon atau Pembagian Keuntungan

 

Obligasi Tanpa Kupon

Investor obligasi tanpa kupon tidak akan menerima kupon secara berkala. Mengapa? Karena penerbit obligasi tanpa kupon hanya akan membayarkan bunga investasi secara sekaligus pada waktu jatuh tempo yang sudah ditentukan.

 

Obligasi Kupon Tetap

Sementara, investor obligasi kupon tetap akan menerima kupon secara berkala selama masa tenor atau jangka waktu obligasi. Tingkat keuntungannya juga sudah ditentukan sebelum obligasi ditawarkan kepada investor.

 

Obligasi Kupon Variabel

Hampir mirip dengan obligasi kupon tetap, tetapi suku bunga investasi pada obligasi kupon variabel bisa berubah sewaktu-waktu. Mengapa demikian? Karena suku bunga obligasi kupon variabel mengikuti kebijakan suku bunga perbankan.

 

Berdasarkan Jatuh Tempo

Berdasarkan jatuh temponya, ada dua jenis obligasi. Jenis pertama adalah obligasi jangka panjang dengan jatuh tempo 1 sampai 10 tahun. Jenis kedua adalah obligasi jangka pendek dengan jatuh tempo maksimal 1 tahun. Manakah yang cocok dengan target dan tujuan investasi Anda?

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

Investasi securities crowdfunding Danamart adalah layanan investasi berizin OJK yang membuka kesempatan bagi pemilik usaha untuk menerbitkan efek guna mendukung pengembangan bisnis atau mendapatkan pembiayaan proyeknya. Pemilik usaha dapat menerbitkan ‘obligasi’ yang disebut efek berbasis utang (EBU) atau ‘saham’ yang disebut efek berbasis ekuitas (EBE). Dengan jangka jatuh tempo yang rata-rata tidak lebih dari 1 tahun, investasi obligasi di Danamart akan cocok untuk Anda yang ingin mencoba investasi risiko sedang dengan tingkat keuntungan yang menarik, yaitu hingga 16% per tahun. Pelajari lebih lanjut tentang investasi obligasi di Danamart dengan mengunjungi website Danamart atau menghubungi tim Danamart.

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id