Yuk, Mulai Investasi Saat Muda!

Mulai investasi saat muda
Sumber Foto: freepik/Freepik

Pada dasarnya, investasi adalah tindakan menyalurkan dana untuk mendukung sebuah usaha atau proyek dalam menambah modal melalui pembelian instrumen atau surat berharga investasi yang dimiliki selama waktu tertentu, dengan tujuan untuk menyiapkan bekal dana masa depan. Walaupun sifatnya mirip dengan tabungan karena sama-sama menambah simpanan uang, investasi punya cara menambah uang tersendiri dengan adanya tingkat keuntungan yang menambah nilai investasi. Namun demikian, masih banyak anak muda yang belum berani atau enggan melakukannya karena berbagai alasan. Padahal, ada sejumlah manfaat yang hanya bisa dirasakan jika seseorang sudah mulai berinvestasi sejak usia muda atau saat tubuh dan pikiran masih sangat sehat untuk membangun kekayaan dan menambah aset. 

 

Manfaat Investasi Sejak Muda

 

Berikut adalah beberapa manfaat memulai investasi sejak muda, khususnya bagi orang-orang dalam rentang usia 20 – 34 tahun (gen Alpha, gen Z, dan generasi milenial) yang cukup mendominasi populasi tenaga kerja di Indonesia.

 

Jumlah Untung yang Bisa Didapatkan Lebih Banyak

Dengan jangka waktu investasi yang panjang, penambahan uangmu tentu akan lebih banyak. Hal ini terutama berlaku pada layanan yang memiliki bunga majemuk, di mana keuntungan investasi yang kamu dapatkan akan bertambah seiring berjalannya waktu walaupun nominal dana investasi masih sama. Misalnya, berdasarkan perkiraan keuntungan investasi EBU/efek berbasis utang/obligasi di Danamart, dengan modal untuk investasi Rp100.000 tiap bulan dengan keuntungan 15% per tahun, keuntungan yang kamu dapatkan dalam 20 tahun bisa lebih dari 4x lipat dari keuntungan yang kamu dapatkan dengan berinvestasi selama 10 tahun, padahal jarak dari 10 tahun ke 20 tahun hanya 1 periode. “Privilege” atau keistimewaan ini hanya bisa kamu dapatkan jika kamu berinvestasi sejak masih muda. 

 

Kesempatan Menambah Aset yang Lebih Luas

Kenapa investor perlu menambah aset dalam berinvestasi? Jawabannya sederhana: Dengan memiliki lebih dari satu jenis aset, kamu bisa meminimalkan kemungkinan untuk rugi, sambil meningkatkan potensi jumlah keuntungan yang bisa didapat. Tidak berarti memulai investasi saat menjelang pensiun itu salah, tapi lebih baik jika kamu memulai sejak tahun-tahun awal bekerja atau berbisnis, bukan?

 

Kemampuan yang Lebih Baik dalam Menanggung Risiko

Semua investasi yang terpercaya pasti memiliki risiko, setidaknya berupa nilai aset investasi yang bisa naik dan turun dalam satu waktu. Dengan jangka waktu investasi yang panjang dan kesempatan berinvestasi yang masih terbuka lebar, apalagi jika kamu belum berkeluarga, kamu akan lebih bisa tenang dalam menghadapi risiko dan tidak terjebak dalam rasa panik dengan, misalnya, buru-buru ingin menarik dana investasi atau menjualnya. Jika dilakukan secara terburu-buru, kedua tindakan tersebut bisa menghilangkan kesempatanmu untuk menikmati hasil investasi. Sayang, ‘kan?

 

Tips Investasi Tenang & Untung

 

Pahami Ciri-ciri Investasi Terpercaya

Sedikitnya, ada satu syarat yang wajib dipenuhi oleh penyelenggara layanan investasi terpercaya, yaitu sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Syarat lainnya adalah menyediakan kemudahan akses informasi peluang investasi, selain fact sheet. Dokumen-dokumen tersebut bisa berupa laporan keuangan, invoice/Purchase Order (PO), bahkan profil perusahaan dan jajaran direksinya. Dengan demikian, kamu pun bisa benar-benar tahu siapa dan perusahaan seperti apa yang akan kamu dukung dan, dilihat dari kinerjanya, apakah mereka punya potensi untuk untung?

 

Temukan Peluang Investasi Terjangkau

Kata siapa investasi harus dimulai dengan modal jutaan atau miliaran rupiah? Sekarang, banyak sekali opsi investasi yang memungkinkan pembelian instrumen dengan minimal ratusan ribu atau bahkan puluhan ribu saja. Kamu hanya perlu mencari yang sesuai dengan kemampuanmu menyisihkan anggaran investasi dan tentunya, target pengumpulan uang dan keuntungan yang diharapkan. Terlebih lagi, dengan investasi yang terjangkau, kamu tidak perlu terbebani dengan pengiritan ketat dalam anggaran kebutuhan sehari-hari, sekaligus masih bisa senang-senang sambil membangun kekayaan!

 

 

Yuk, Mulai Investasi Selagi Muda!

 

Mumpung masih muda, masih sanggup menghasilkan uang, dan pikiran masih jernih untuk terus produktif, segera mulai investasi kamu! Lebih cepat lebih baik, terutama bila usia kamu masih 18 sampai awal 20 tahunan. Kamu bisa mulai dengan yang minimumnya terjangkau, seperti securities crowdfunding Danamart dengan minimum investasi hanya Rp100.000, tapi keuntungannya bisa mencapai 16% per tahun. Terlebih, saat ini, kami punya program giveaway saldo investasi sebesar 1 juta rupiah yang bisa kamu cek infonya di sini. Yuk, mulai pupuk kekayaan kamu dengan investasi terpercaya di www.danamart.id!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

perlindungan sistem
Perlindungan Pemodal Securities Crowdfunding
tumpukan balok kayu yang membentuk susunan tangga, kaca pembesar, dan panah merah ke atas yang menggambarkan pemilihan cermat peluang investasi agar meraih untung
Dua Industri yang Berprospek Cerah di 2024, Bisa Jadi Pilihan Investasi di 2024!
huruf R, I, S, dan K yang membentuk kata 'risk'. bahasa Inggrisnya 'risiko'
Risiko Penggunaan Teknologi Keuangan & Cara Menyikapinya
Gambar warna merah dengan elemen angpao, berisi informasi promo investasi dari Danamart
Promo Spesial Imlek dari Danamart: Investasi Ekstra Cuan!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

perlindungan sistem
tumpukan balok kayu yang membentuk susunan tangga, kaca pembesar, dan panah merah ke atas yang menggambarkan pemilihan cermat peluang investasi agar meraih untung
huruf R, I, S, dan K yang membentuk kata 'risk'. bahasa Inggrisnya 'risiko'
Gambar warna merah dengan elemen angpao, berisi informasi promo investasi dari Danamart

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id