Tips Mengelola Keuangan untuk Milenial

Pengelolaan uang dengan menghitung dana tabungan, dana investasi, dana belanja
Foto dari pch.vector/Freepik

Mengelola keuangan adalah tindakan mengatur alokasi atau jatah gaji atau penghasilan bulanan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup. Dalam mengelola keuangan, gaji atau penghasilan biasanya dikelompokkan ke dalam lima pos, yaitu: Kebutuhan bulanan, dana entertaint atau kebutuhan jalan-jalan, belanja, dan nongkrong, pembayaran cicilan, pembayaran utang, dana tabungan, dan dana investasi.

 

Kaum muda, khususnya milenial, perlu mengelola keuangan agar gaji atau penghasilan yang kamu miliki dapat cukup untuk kebutuhan bulanan, sekaligus bisa sesekali bersenang-senang dan menikmati hidup, serta tidak lupa untuk menabung dan investasi. Ingin tahu cara mengelola keuangan dengan baik? Atau, kamu ingin mengelola keuangan dengan lebih baik? Danamart punya tips yang mudah untuk kamu ikuti!

 

Tips Mengelola Keuangan Untuk Anak Muda

Investasi, tabungan, kebutuhan hidup, dan senang-senang semuanya bisa terpenuhi dengan cara mengelola keuangan yang tepat. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur agar gaji atau penghasilan bulanan cukup untuk satu bulan, bahkan lebih. Tips-tips mengelola keuangan di bawah ini boleh diterapkan semuanya, sebagian, atau salah satu saja, tergantung kemampuanmu.

 

Kelompokkan Jatah Uang dengan Rumus 40-30-20-10

Rumus 40-30-20-10 ini nyaman untuk diterapkan anak muda, khususnya milenial, karena uang sudah “dijatah” untuk berbagai kebutuhan sehingga tidak perlu takut boros atau kekurangan uang. Rumus 40-30-20-10 ini meliputi: 40% kebutuhan bulanan, 30% pembayaran cicilan, 20% dana investasi dan tabungan, serta 10% dana beramal (donasi/persembahan/dana lainnya untuk kemanusiaan atau rumah ibadah).

 

Buat Agenda atau Rencana Senang-senang  

Buat rencana atau kapan kamu mau staycation, liburan, short escape alias liburan singkat, makan AYCE/buffet favorit, dan ngopi-ngopi cantik seharga tiga kali makan. Misalnya, saat cuti, di hari Jumat sebelum weekend, di hari Sabtu sebelum libur di hari Minggu, atau di momen spesial seperti ulang tahun. Selain supaya setiap senang-senang/self-reward terasa berkesan, cara ini bisa membantu kamu menekan pengeluaran hiburan tanpa absen senang-senang. 

 

Pisahkan Rekening Tabungan dan Pengeluaran

Untuk menghindari habisnya tabungan atau ketiadaan dana untuk investasi, kamu bisa memisahkan rekening bank khusus tabungan dan pengeluaran. Hal ini juga memudahkan kamu untuk melacak pengeluaran dalam memperbaiki cara merencanakan keuangan. Alternatifnya, kamu bisa menyimpan uang sekaligus bikin uang bekerja menghasilkan uang dengan investasi terjangkau.

 

Investasi Terjangkau di Danamart

Untuk mengelola keuangan dengan baik supaya gaji atau penghasilan selalu cukup, kamu perlu investasi yang minimumnya terjangkau bahkan tidak sampai 10% gaji, seperti securities crowdfunding Danamart. Selain terjangkau, potensi keuntungan di Danamart juga tinggi, yaitu hingga 16% per tahun. Yuk, segera daftar jadi Pemodal untuk pupuk kekayaan di investasi securities crowdfunding Danamart!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id