Mau Rajin Investasi? Kamu Harus Baca Tips-tips Ini!

Investasi untuk mendapatkan tambahan uang
Investasi untuk Pertumbuhan Uang. Foto dari dooder/Freepik

Investasi memiliki manfaat yang menggembirakan bagi para pelakunya (investor) karena mampu menambah jumlah uang yang dimiliki secara pasif atau tanpa perlu menambah pekerjaan. Jika dalam menabung kamu perlu menyetor sejumlah uang agar tabungan bertambah banyak, nilai uang yang kamu investasikan dalam produk atau instrumen tertentu bisa terus bertambah walaupun kamu tidak menambah jumlah instrumen yang dimiliki. Namun, karena sifatnya yang tidak instan dan mengharuskan pengurangan belanja, dibutuhkan semangat dan tekad yang konsisten untuk menyisihkan uang sebagai dana investasi.

Apakah kamu termasuk salah satu di antaranya? Jangan khawatir, Danamart siap membantu kamu rajin investasi dengan tips-tips mudah berikut. Penasaran? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

 

Penyebab Kurangnya Semangat Investasi

 

Ada beberapa hal yang mengendurkan semangat untuk investasi, baik dalam aspek keuangan atau aspek psikologis atau perasaan dan pikiran pribadi.

 

Aspek Keuangan: Tingginya Minimum Investasi di Tengah Banyaknya Kebutuhan

Dalam aspek keuangan, seringkali calon investor berhenti melakukan investasi bulanan karena minimum yang dirasa berat, sementara gaji atau penghasilan kadang pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

 

Aspek Psikologis: Jangka Waktu Investasi yang Tidak Singkat & Ketakutan Kehilangan Uang

Sementara, dilihat dari aspek psikologis, return atau peningkatan uang dari investasi yang perlu waktu agak lama bisa membuat seseorang malas untuk terus berinvestasi karena tidak bisa langsung menikmati hasilnya. Penyebab lainnya yang terkait psikologis adalah ketakutan akan kehilangan uang secara tiba-tiba karena masalah pada peluang investasi, pengelola dana, maupun penyelenggara layanan itu sendiri.

 

Cara Agar Semangat Investasi

Jika ada masalah, maka ada solusi. Permasalahan-permasalahan di atas bisa diatasi dan meminimalkan hambatanmu untuk rajin berinvestasi. Apa sajakah itu?

 

Berinvestasi di Instrumen dengan Minimum Terjangkau

Saat ini, banyak instrumen investasi yang bisa kamu beli dengan minimum di bawah 1 juta rupiah, bahkan ada juga yang minimumnya hanya puluhan ribu, seperti tabungan emas digital, reksadana pasar uang, dan beberapa instrumen lainnya. Tidak ada batas minimum dan batas maksimum untuk anggaran investasi, yang penting kamu bisa menyisihkannya secara rutin dan keuntungan yang bisa didapat sesuai dengan harapan dan target keuangan kamu. Ingat, selalu gunakan uang yang tidak dibutuhkan untuk menunjang kehidupan sehari-hari, alias uang dingin.

 

Diversifikasi Investasi

Investasi yang terpercaya memang perlu dilakukan secara rutin selama beberapa waktu untuk bisa mendapatkan hasil yang tinggi. Bagi sebagian orang yang bisa menyisihkan dana besar, waktu tidak terlalu menjadi masalah karena hasil yang didapat juga, bisa jadi, cukup untuk tambahan dana belanja atau bahkan biaya hidup bulanan. Namun, bagaimana jika kamu hanya bisa menyisihkan sebagian kecil dari gaji atau penghasilan bulanan?

 

Kamu bisa melakukan diversifikasi investasi atau berinvestasi di lebih dari satu jenis instrumen. Diversifikasi investasi membantumu meningkatkan jumlah keuntungan yang bisa didapat, sekaligus meminimalkan kemungkinan untuk merugi.

 

Pilih Penyelenggara yang Terpercaya

Sebelum memilih website atau aplikasi untuk berinvestasi, jangan lupa cek apakah perusahaan pengembang dan pengelolanya (penyelenggara) sudah memiliki izin dan pengawasan OJK atau Bappebti jika bentuknya adalah komoditi, seperti kripto atau valuta asing. Izin dan pengawasan tersebut menjamin perlindungan hakmu sebagai investor, termasuk keamanan data dan tindakan dari penyelenggara jika terjadi masalah pada investasi. Di samping izin dan pengawasan dari pihak berwenang, kamu bisa mempertimbangkan prinsip bisnis dan keuangan yang dijunjung oleh penyelenggara dalam berusaha menjaga keberlangsungan pemilik usaha, pemilik proyek, atau siapa saja penyedia peluang investasi untuk memberikan keuntungan, seperti prinsip ESG.

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

Dengan minimum yang terjangkau, yaitu Rp100.000, keuntungan sampai dengan 16% per tahun, izin dan pengawasan resmi dari OJK, serta penerapan prinsip ESG untuk memastikan agar pemilik usaha atau proyek berupaya menjaga keberlangsungan usahanya dengan langkah-langkah melestarikan lingkungan dan menyejahterakan masyarakat, securities crowdfunding Danamart adalah layanan yang tepat untuk investasi mudah, terjangkau, dan terpercaya! Yuk, segera mulai di www.danamart.id!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id