Risiko Penggunaan Teknologi Keuangan & Cara Menyikapinya

huruf R, I, S, dan K yang membentuk kata 'risk'. bahasa Inggrisnya 'risiko'

Teknologi keuangan adalah sistem yang dibangun dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk akses yang lebih mudah ke layanan keuangan, yaitu pembiayaan usaha dan investasi. Dengan teknologi keuangan, pengguna jasa keuangan bisa mendapatkan manfaat dari layanan dan produk keuangan tanpa dibatasi waktu dan tempat.

 

Seperti produk kecanggihan teknologi lainnya, teknologi keuangan juga mempunyai sejumlah risiko yang harus kita ketahui dan pahami, terutama terkait keamanan data. Pengguna teknologi keuangan perlu mengetahui risiko-risiko di bawah ini, sebelum memilih produk teknologi keuangan tertentu, terutama untuk investasi yang terpercaya.

 

Risiko Penggunaan Teknologi Keuangan

 

Sedikitnya, ada 2 risiko yang perlu kita waspadai dalam menggunakan layanan dan produk teknologi keuangan. Risiko-risiko penggunaan teknologi keuangan erat kaitannya dengan keamanan sistem informasi, khususnya keamanan data pribadi dan pelanggaran hukum.

 

Risiko Penyalahgunaan Data

Risiko penyalahgunaan data adalah risiko yang paling mudah terjadi dan memengaruhi kita sebagai pengguna jasa keuangan. Risiko penyalahgunaan data erat kaitannya dengan keamanan sistem informasi, terutama dari sisi penyelenggara layanan keuangan. Contoh dari risiko penyalahgunaan data adalah penipuan mengatasnamakan perusahaan, kebocoran data pengguna, dan pemalsuan tanda tangan.

 

Risiko Pencucian Uang & Terorisme

Risiko pencucian uang dan terorisme adalah risiko yang dapat terjadi karena ulah sejumlah oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kemudahan untuk mengakses layanan keuangan dalam menyembunyikan jejak pelanggaran kriminal mereka dengan menempatkan uang tersebut di berbagai layanan keuangan. Risiko pencucian uang dan terorisme dapat dicegah dengan proses verifikasi data yang ketat dari penyelenggara, salah satunya adalah dengan input KTP yang tujuannya adalah semata-mata untuk menjamin integritas layanan keuangan tersebut.

 

Cara Melindungi Diri dari Risiko Penggunaan Teknologi Keuangan

 

Sebagai pengguna layanan keuangan, kita bisa melakukan beberapa hal berikut untuk meminimalisir kemungkinan terdampak risiko penggunaan teknologi keuangan. Cara ini mudah dan dapat dilakukan sesegera mungkin saat memilih layanan keuangan untuk pembiayaan dan investasi.

 

Pilih Penyelenggara Berizin OJK

Penyelenggara layanan keuangan berizin OJK adalah penyelenggara yang berhasil melewati serangkaian proses seleksi yang ketat. Di penyelenggara layanan keuangan berizin OJK, hak-hak kita sebagai pengguna dilindungi oleh berbagai pihak, yaitu:

 

a. OJK sebagai regulator dan pengawas

b. Penyelenggara sebagai pihak yang menyediakan layanan keuangan

c. KSEI sebagai pihak yang menyimpan dan menyelesaikan masalah terkait efek atau surat berharga yang dijual pada penawaran investasi

 

Di layanan securities crowdfunding atau urun dana, efek-efek yang ditawarkan tercatat di KSEI dan dana investasi ditampung di bank kustodian terpercaya. Sehingga, pengguna layanan urun dana bisa memercayakan pembiayaan usaha dan peningkatan asetnya di sistem yang terpercaya.

 

Pilih Penyelenggara Dengan Sistem Verifikasi Mendalam

Sistem verifikasi mendalam adalah cara verifikasi kelayakan pengajuan pembiayaan dan pendaftaran investasi dengan menggunakan bantuan pihak ketiga dan teknologi. Pihak ketiga ini dapat berupa lembaga pemeringkat kredit dan teknologi dapat berupa sistem AI yang mendukung verifikasi yang lebih akurat dan minim kemungkinan untuk melewatkan detail penting, seperti yang diterapkan pada layanan securities crowdfunding atau urun dana Danamart.

 

Lakukan Pembuatan Akun Melalui Platform Resmi

Layanan teknologi keuangan pasti memiliki website atau aplikasi yang menjadi “tempat” untuk mengakses layanan. Pertama, website/aplikasi yang bisa digunakan secara publik umumnya sudah berizin OJK dan dinilai siap untuk menghadirkan layanan dalam sistem yang aman. Kedua, jika ada masalah, maka akan lebih mudah diatasi jika kamu membuat akun pada platform resmi perusahaan.

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

Investasi securities crowdfunding Danamart adalah layanan keuangan berizin OJK yang menyediakan akses pembiayaan dan investasi terjangkau dengan minimal 100 ribu rupiah saja. Dengan dukungan dari Pefindo dan penggunaan Advanced AI, pengajuan pembiayaan yang masuk ke dalam sistem dapat terseleksi dengan sangat ketat untuk menghadirkan peluang investasi terpercaya. Yuk, daftar sekarang dan mulai investasi di Danamart!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id