Menjadi Pengusaha Sukses (Becoming a Successful Entrepreneur)

Menjadi pengusaha sukses adalah mimpi dari banyak orang, apakah kamu salah satunya?

Kalau jawabannya iya, ada baiknya kamu baca artikel ini. Disini akan kami bahas apa itu pengusaha, fungsi yang dijalankannya. Menarik kan? Baca sampai habis, ya!

Menjadi Pengusaha Sukses
Photo by Marten Bjork on Unsplash

Menjadi Pengusaha Sukses Perlu Tau Apa Itu Kewirausahaan

Sebelum lebih dalam membicarakan tentang pengusaha, tentunya kita perlu menentukan definisi dari kewirausahaan. Definisi ini sebaiknya dapat memberikan inspirasi selain memberi gambaran nyata tentang kewirausahaan. Dengan pertimbangan itu, inilah definisi kewirausahaan yang akan kita pakai pada artikel ini.

“Kewirausahaan adalah keberanian untuk menyatakan dan menciptakan ide baru dengan menyesuaikan diri terhadap perubahan ekonomi, teknologi, dan lainnya.”

Kita bisa menarik dua simpulan dari definisi ini; 1) Dalam kewirausahaan dibutuhkan perencanaan yang matang namun di sisi lain juga dapat melakukan perubahan yang dapat membuat bisnis menjadi lebih efektif dan efisien, 2) Kewirausahaan juga membutuhkan cara-cara antisipasi kegagalan atau kesalahan yang mungkin terjadi akibat berbagai faktor yang melingkupi bidang usahanya.

Dari bahasan ini, kita mengetahui bahwa erat hubungan antara kewirausahaan dengan tata kelola. Kemudian, muncul satu pertanyaan yang lebih spesifik. Yaitu, apa saja fungsi yang perlu dijalankan dalam pengelolaan suatu usaha?

1. Fungsi Perencanaan

Seperti yang sudah tersurat dari definisi kewirausahaan tadi, perencanaan menjadi fungsi pertama dari pengelolaan suatu usaha. Lalu apa saja yang perlu direncanakan?

  1. Tujuan bisnis: Ini adalah benang merah dari suatu usaha dan yang akan menjadi visi, misi, serta sasaran-sasaran yang ditujunya.
  2. Strategi untuk mencapai tujuan: Ini meliputi langkah-langkah konkrit dan sistematis untuk memastikan tujuan usaha tercapai.
  3. Alternatif strategi: Tidak cukup dengan satu strategi! Sangat penting untuk direncanakan juga alternatif lain untuk mencapai tujuan
  4. Pendataan sumber daya: Sumber daya manusia, bahan baku, dan modal yang akan membantu untuk mencapai tujuan usaha.

Tentu saja masih banyak lagi yang perlu untuk direncanakan dalam membangun suatu usaha. Tetapi poin-poin diatas kami nilai sebagai yang paling esensial dan yang harus ada di setiap usaha.

2. Fungsi Pengorganisasian

Fungsi kedua dari pengelolaan suatu usaha adalah pengorganisasian. Pada fungsi ini ada beberapa hal yang akan kita bahas secara singkat, yaitu:

  1. Pembagian divisi dan cakupan tugas: Divisi apa saja yang diperlukan oleh usaha ini.
  2. Struktur organisasi: Struktur organisasi yang bagaimana yang dapat menopang operasi bisnis.
  3. Jabatan yang dibutuhkan: Peran-peran apa saja yang diperlukan dalam mengejar tujuan.
  4. Strategi koordinasi antar divisi: Bagaimana sumber daya manusia bekerja sama mencapai tujuan.
  5. Kebijakan dan SOP: Hal-hal spesifik yang mengatur hubungan antar pegawai dan pelaksanakan tugas.
  6. Alokasi pemanfaatan sumber daya: Pengaturan terkait alokasi sumber daya manusia, anggaran, dan yang lainnya.

Hal-hal tadi perlu untuk dilakukan untuk sebuah usaha dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Kemudian, jika sudah dijalankan fungsi pengorganisasian ini, agar berjalan maka diperlukan juga fungsi kepemimpinan.

3. Fungsi Kepemimpinan

Fungsi berikutnya dari pengelolaan suatu usaha adalah kepemimpinan. Dan berikut ini adalah hal-hal yang kami nilai paling krusial pada bagian ini semuanya dalam rangka untuk kamu menjadi pengusaha sukses. Sama seperti poin-poin pada fungsi-fungsi lain dalam pembahasan ini.

  1. Pengarahan dan bimbingan kepada SDM perusahaan untuk mencapai tujuan.
  2. Komunikasi yang efektif dengan SDM dan tanpa ada kesalahpahaman.
  3. Penanganan konflik yang baik setiap kali ada permasalahan yang mengganggu ritme usaha.
  4. Antisipasi terhadap perubahan, baik itu perubahan mendasar ataupun perubahan yang lebih kecil.

Untuk poin-poin ini, kami ingin memberi bobot lebih pada poin antisipasi terhadap perubahan. Karena di dunia ini satu-satunya hal yang pasti adalah perubahan dan ketidakpastian itu sendiri. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan fungsi kepemimpinan seorang pengusaha wajib untuk memperhatikan sekali aspek ini.

Kemudian, dalam perjalanan suatu usaha ada satu fungsi lagi yang tidak kalah penting dari fungsi-fungsi lainnya. Fungsi itu adalah Pengawasan.

4. Fungsi Pengawasan

Fungsi terakhir dari fungsi-fungsi pengelolaan usaha ini adalah pengawasan. Dan berikut ini adalah tiga aspek kuncinya.

  1. Pengukuran kinerja yang terperinci dan dengan metode pengukuran yang adil dan jelas.
  2. Evaluasi kinerja perusahaan dari periode ke periode untuk melihat peluang baru dan mengantisipasi ancaman.
  3. Strategi peningkatan kualitas kinerja, dilakukan untuk memastikan seluruh stakeholder memberikan performa terbaiknya.

Itulah fungsi-fungsi yang penting dilakukan dalam pengelolaan suatu usaha. Fungsi-fungsi ini perlu untuk dilakukan secara tertib dan berkesinambungan. Menjadi pengusaha sukses artinya menjalankan semua fungsi-fungsi ini dengan baik dan benar.

Kami sadar, akan sangat sulit untuk memberikan informasi yang lengkap dan detail dalam moda artikel seperti ini. Kami perlu menjamin bahwa materi yang disampaikan dapat terserap dengan sempurna oleh para pembacanya. Maka dari itu Danamart membuat suatu inisiatif alternatif pendidikan untuk pengusaha dan juga investor. Inisiatif itu ialah Danamart Academy.

Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/Startup) dan Pemilik Modal (Investor), sekaligus didukung oleh edukasi inklusif dari Danamart Academy.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id