Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!

Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Modal Sosial. Foto dari Freepik

“Kapan kawin?” | “Gaji udah berapa?” | “Anak tante udah jadi Manajer, kamu jabatannya apa sekarang?”

 

Pertanyaan-pertanyaan di atas akrab di telinga para kaum muda, khususnya milenial dan gen Z yang sedang membangun karir, saat silaturahmi Lebaran. Sederhana, tapi bikin bete berat karena menjadi awal dari ajang membanding-bandingkan, ketika silaturahmi Lebaran seharusnya menyenangkan dan penuh kehangatan.

 

Di media sosial, banyak konten yang memberikan tips-tips menjawab pertanyaan di atas dengan gaya savage atau sinis supaya yang bertanya langsung terdiam. Eits, hati-hati! Jangan sampai reaksi Anda merusak hubungan yang sebetulnya bisa dipelihara dan dimanfaatkan untuk saling berkembang.

 

Daftar Isi

  • Modal Sosial
  • Tips Menjawab Pertanyaan Lebaran
  •  

Hubungan Baik Adalah Investasi yang Berharga

 

Mengenal Modal Sosial

Tahukah Anda, hubungan baik dapat menjadi modal untuk meningkatkan kualitas hidup, termasuk dalam karir atau pekerjaan, bisnis, dan juga keuangan, lho! Hubungan baik termasuk dalam modal sosial, yaitu semua sumber daya yang bisa menggerakkan kerja sama yang saling menguntungkan antara orang dengan orang, orang dengan lembaga, dan lembaga dengan lembaga yang digerakkan oleh hubungan sosial. Jadi, modal sosial sangat membantu dalam memperkuat rasa percaya dan semangat untuk bekerja sama sesuai tanggung jawab masing-masing, di samping modal lainnya, seperti modal uang yang memungkinkan kita untuk memiliki sumber daya pendukung lainnya.

 

Manfaat Modal Sosial

Pertengahan tahun lalu, portal berita CNBC Indonesia menerbitkan sebuah artikel yang menarik yang mengungkapkan bahwa sebagian besar karyawan di Amerika Serikat mengaku mendapatkan pekerjaannya melalui jalur ‘ordal’ alias melalui kenalan-kenalan mereka yang bekerja di perusahaan tujuan. Mengapa hal ini bisa terjadi? 

 

Sumber: CNBC Indonesia (2023)

Survei di atas menunjukkan bahwa rasa saling mengenal dan saling percaya sangat penting perannya dalam pemberian kesempatan. Kenalan ‘orang dalam’ pada umumnya sudah diketahui sifat dan sikapnya secara pribadi dan dalam waktu yang mungkin saja lama. Tidak hanya dalam pekerjaan, dalam berbisnis pun hubungan baik menjadi aspek yang sangat diseriusi pembangunannya, misalnya dengan beberapa kali pertemuan dan pembicaraan sebelum persetujuan kerja sama untuk menumbuhkan rasa percaya satu sama lain.

 

Tips Menjawab Pertanyaan Lebaran

 

Tanpa bermaksud untuk mendorong Anda menjadi pribadi yang “baik karena ada maunya”, kita perlu mengingat bahwa jalan menuju kesuksesan bisa datang dari mana saja, termasuk saudara-saudara yang Anda temui saat silaturahmi Lebaran. Maka, daripada sinis atau marah-marah, yuk ikuti tips ini untuk menjawab pertanyaan rutin saat silaturahmi Lebaran!

 

Minta Doa

Anda mungkin saja baru kehilangan atau berada dalam rasa frustasi karena tidak kunjung mendapatkan hal-hal yang jadi perhatian orang lain, seperti pasangan hidup, gaji yang tinggi, dan jabatan mentereng. Tapi, daripada menjadikannya sebuah beban, kenapa tidak dijadikan kesempatan untuk menambah doa? Contohnya:

 

Saudara: “Kamu kapan kawin? Bentar lagi udah umur 30, loh! Jangan kebanyakan milih, ntar jadi bujang lapuk/perawan tua!”

 

Kamu bisa jawab dengan, “Doain aja tahun depan terwujud ya, Om/Tante. Pasangan hidupnya lagi dicari, nih! Kayaknya nyangkut di DC Cakung.”

 

Jawab Dengan Bercanda

Selain mencegah diri Anda dari dijauhi karena dianggap sensitif, baperan, mudah marah, dan sebagainya, cara ini bisa menambah kehangatan suasana Lebaran dengan candaan yang menimbulkan tawa. Contohnya:

Saudara: “Gaji kamu udah berapa? Hah, masih UMR? Tetangga tante/om baru kerja 1 tahun udah dua digit, tuh. Masa kamu kalah?”

 

Kamu bisa jawab dengan, “Alhamdulillah tante/om, walaupun UMR tapi cukuplah buat jajan cilok sampai begah.”

 

Anggap Sebagai Kesempatan Tambah Wawasan

Tahukah Anda, dari informasi seperti jabatan atau pekerjaan, ada tips-tips berharga, pelajaran hidup, dan wawasan yang bisa digali. Mungkin sulit bagi kita untuk mengesampingkan gengsi karena merasa kalah, tapi lakukanlah demi menjadi orang yang berwawasan luas dengan selalu siap belajar hal-hal baru demi meningkatkan kualitas diri. Mau tahu contoh jawabannya?

 

Saudara: “Anak tante/om udah jadi manajer, lho. Kamu jabatannya apa sekarang?”

 

Kamu bisa jawab dengan, “Masih staf nih, om/tante. Wah, gimana tuh caranya anak tante/om bisa jadi manajer?”

 

Yuk, jadikan hari Lebaran sebagai momen penuh kebahagiaan dan harapan! Selain itu, jangan lupa untuk selalu jaga hubungan baik, khususnya dengan keluarga Anda. Hubungan baik adalah investasi yang sangat berharga karena bisa membuka jalan dan menghamparkan jembatan menuju peluang-peluang kesuksesan dalam hidup.

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

Investasi securities crowdfunding Danamart adalah layanan yang dapat mendukung Anda untuk menambah nilai aset melalui peluang-peluang yang mendukung kemajuan UKM dan startup. Investasi securities crowdfunding Danamart dapat bergerak karena modal sosial, yaitu nilai gotong royong untuk saling memberi untung dengan kepedulian terhadap lingkungan dan kualitas hidup bersama dengan prinsip ESG. Pelajari lebih lanjut tentang peluang investasi di Danamart di website layanan investasi Danamart!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id