Perlindungan Pemodal Securities Crowdfunding

perlindungan sistem
Image by Freepik

Layanan securities crowdfunding hadir untuk menghubungkan dua pihak, yaitu Pemodal dan Penerbit. Pemodal adalah pihak yang melakukan registrasi di platform securities crowdfunding untuk investasi, sementara Penerbit adalah pihak yang melakukan registrasi di platform securities crowdfunding untuk mendapatkan pembiayaan usaha atau proyek.

 

Tanpa Pemodal, securities crowdfunding akan sulit melaksanakan tujuannya untuk memberikan pemerataan akses modal bagi para Penerbit. Berbeda dari beberapa layanan keuangan lain, securities crowdfunding memfasilitasi penambahan modal melalui investasi yang disalurkan oleh para Pemodal. Karenanya, layanan securities crowdfunding punya sederet aturan untuk memastikan keamanan Pemodal dalam berinvestasi. Penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut? Cek ulasan selengkapnya tentang perlindungan Pemodal di securities crowdfunding.

 

Perlindungan Pemodal di Securities Crowdfunding

 

Escrow Account

Escrow account adalah rekening bank yang digunakan untuk menampung dana investasi dari Pemodal. Dana investasi ini akan ditampung hingga masa penawaran investasi selesai, sebelum akhirnya disalurkan kepada Penerbit. Adanya escrow account memudahkan penyimpanan dana secara efektif dan aman, serta memudahkan penyelesaian masalah terkait dana investasi, jika sewaktu-waktu diperlukan.

 

Project Underlying

Project underlying atau underlying asset adalah aset yang menjadi dasar proyek dalam penawaran investasi efek berbasis utang/obligasi. Project underlying ini berguna untuk menjamin bahwa nilai penerbitan efek berbasis utang sama dengan aset yang tersedia pada Penerbit.

 

Jatuh Tempo Maksimal 2 Tahun

Biasanya, tenor atau jangka waktu penawaran investasi dalam securities crowdfunding berkisar antara 3-12 bulan dengan kesempatan untuk menghadirkan satu atau beberapa kali penawaran. Bagi Penerbit atau pihak yang menghadirkan peluang investasi melalui efek berbasis utang/obligasi, batasan jatuh tempo yang diberikan adalah maksimal 2 (dua) tahun.

 

Laporan Kepemilkan Efek dari Bank Kustodian

Laporan kepemilikan efek adalah bentuk komitmen transparansi atau keterbukaan informasi terhadap Pemodal. Laporan ini diberikan oleh bank kustodian selaku penampung dana investasi dan lembaga yang menyalurkan keuntungan investasi.

 

Pencatatan Efek di KSEI

KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia adalah lembaga penyimpanan dan penyelesaian (LPP) pasar modal, yaitu lembaga yang mencatat dan menyimpan, serta berperan dalam penyelesaian masalah terkait efek atau surat berharga yang ditawarkan sebagai instrumen investasi. Dalam menjalankan perannya, KSEI menjalankan beberapa jasa.

 

Jasa pertama adalah pengelolaan aset, meliputi pembukaan rekening efek, perubahan data pemegang rekening, penutupan rekening atas permintaan pemegang, dan pemblokiran/pencabutan blokir rekening efek.

 

Jasa kedua adalah jasa penyimpanan, penarikan, dan pencocokan saldo efek dan dana pada rekening efek. Ketiga adalah jasa penyelesaian transaksi. Keempat, jasa distribusi manfaat/keuntungan yang menjadi hak Pemodal dan tindakan lain yang bersifat sukarela atas permintaan Pemodal. Jasa terakhir adalah jasa penyediaan infrastruktur investasi.

 

Sertifikasi ISO 27001

Sertifikasi ISO 27001 wajib dimiliki setiap Penyelenggara securities crowdfunding untuk mendapatkan izin OJK. Kepemilikan sertifikat ISO 27001 sendiri adalah tanda komitmen Penyelenggara securities crowdfunding untuk senantiasa menjaga dan mengelola keamanan informasi para penggunanya dalam mengakses platform yang bersifat digital.

 

Hal-hal di atas diadakan dengan tujuan tak lain untuk menjamin perlindungan hak Pemodal dalam berinvestasi di securities crowdfunding. Sehingga, Anda tidak perlu takut untuk mencoba investasi melalui layanan securities crowdfunding karena penyelenggaraannya diatur secara ketat oleh para regulator dan standar operasional Penyelenggara.

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

Investasi securities crowdfunding Danamart hadir untuk membantu masyarakat dalam mengakses peluang investasi yang terpercaya. Berizin dan diawasi OJK, Danamart siap melakukan upaya yang terbaik dalam menjaga kepercayaan Pemodal dan menjangkau lebih banyak Pemodal di masyarakat dengan sistem informasi yang telah tersertifikasi ISO 27001. Pelajari selengkapnya tentang kami di www.danamart.id!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id