Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia

mobil di depan bendera jepang
Ilustrasi mobil Jepang. Foto dari Made_Dirga/Freepik

Bukan lagi sebuah rahasia jika mobil pabrikan Jepang sangat digemari di Indonesia, Terbukti, menurut data GAIKINDO, penjualan mobil Jepang masih sangat unggul di Indonesia dengan angka penjualan 294.570 unit (merk Toyota) per Januari – November 2023. Selain karena harganya terjangkau, tahukah Anda alasan lain mengapa pabrik-pabrik mobil asal Jepang bisa berkembang pesat di Indonesia?

 

Keunggulan Mobil Pabrikan Jepang

Dengan bodi mobil yang ringan, mobil Jepang mudah untuk dikendarai bagi pengemudi pemula. Tidak hanya bodi yang ringan, mobil Jepang punya sederet teknologi yang meningkatkan perasaan aman saat berkendara, seperti Intelligent Transportation System (ITS) yang membantu pemantauan keadaan lalu lintas untuk meminimalkan kemungkinan kecelakaan.

Pabrik-pabrik mobil Jepang di Indonesia sigap memanfaatkan momentum peraturan baru dari pemerintah untuk diterapkan dalam proses distribusi mobil mereka, mulai dari kewajiban untuk menggandeng perusahaan dalam negeri sampai anjuran untuk produksi mobil listrik. Contohnya dapat ditemukan dari dekade 1970-an dan 2020-an.

 

1970-an

Pada tahun 1970-an, mobil Jepang mulai merajai penjualan mobil di Indonesia karena mereka memanfaatkan momentum pemberlakuan pemerintah, yakni kewajiban bagi produsen mobil luar negeri, untuk menggandeng perusahaan Indonesia sebagai agen distributor. Contohnya adalah Astra International yang digaet untuk menjadi agen distributor Toyota dan Daihatsu.

 

2020-an

 

Pemerintah berencana untuk memberikan insentif pajak bagi produsen mobil hybrid. Dengan adanya insentif pajak tersebut, pajak pertambahan nilai akan ditanggung oleh pemerintah (PPN DTP). Momentum ini dimanfaatkan sejumlah produsen mobil Jepang, seperti Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, dan Lexus dengan dominasi mereka dalam produksi mobil hybrid.

Spare part‘ atau suku cadang mobil Jepang mudah ditemukan karena mereka turut menggandeng pabrik lokal untuk mengerjakannya, seperti PT Mitsu Sinar Teknik yang memproduksi komponen welding untuk salah satu pabrik mobil Jepang di bawah Astra Internasional. Selain itu, bengkel resmi dan dealer mobil Jepang sudah tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Jika mobil mengalami kerusakan, biaya perbaikannya pun relatif lebih terjangkau karena sudah banyak sekali bengkel yang bisa mengerjakannya, bahkan bengkel milik pribadi.

Mobil Jepang banyak yang dijual dalam kisaran harga 100 – 200 juta rupiah. Dalam kisaran harga tersebut, harga mobil masih dapat terjangkau oleh individu dengan penghasilan di bawah 10 juta. Atau, sekalipun harus menabung, mereka tidak perlu menabung terlalu lama untuk dapat membelinya. Setidaknya, uang muka (DP) mobil bisa terkumpul dan dibayarkan terlebih dahulu.

Dengan perawatan yang mudah dan terjangkau, suku cadang yang mudah didapat, dan umur penggunaan yang cukup panjang, mobil Jepang second atau bekas pakai pun masih sangat diminati oleh masyarakat. Tak heran, nilai jual mobil Jepang bekas pakai cenderung tidak akan ‘jomplang’ atau jauh berbeda dari harga aslinya, tergantung pada kondisi mobil saat akan dijual dan kebijakan agen penjual mobil bekas.

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

 

Investasi securities crowdfunding atau urun dana Danamart adalah layanan investasi berizin OJK yang mendukung kemajuan industri dalam negeri sambil menghadirkan peluang untung dengan minimum terjangkau. Pelajari selengkapnya tentang layanan investasi terjangkau di Danamart atau hubungi tim layanan investasi Danamart untuk informasi lebih lanjut.

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id