Mau Investasi Dengan Uang THR? Cek Perbandingan Keuntungan Di Sini!

Yeay, THR sudah turun! Siapa yang sudah siap-siap buat ‘wishlist‘ atau daftar belanja setelah THR?

Melalui pernyataan dalam acara media gathering (semacam jumpa pers, tapi dengan suasana yang lebih santai) di Kantor Kemnaker di Jakarta, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan bahwa perusahaan wajib membayarkan THR selambat-lambatnya 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan. Maka, di bulan ini, menyambut Hari Raya Idul Fitri, THR wajib dibayarkan kepada para pekerja maksimal di minggu kedua pada bulan April 2024, karena Hari Raya Idul Fitri jatuh pada minggu ketiga bulan April 2024.


Turunnya THR menjadi momen yang membahagiakan bagi para pekerja, karena hasil kerja keras mereka berbuah manis dengan hadiah berupa “tambahan gaji” menjelang hari raya, yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengirimkan uang untuk orang tua di kampung halaman, membagikannya ke kerabat-kerabat yang masih kecil sebagai hadiah, maupun untuk membeli keinginan pribadi, seperti handphone baru maupun yang berjumlah besar, seperti DP mobil. 


Eits, hati-hati, jangan sampai Anda terlena dengan besarnya uang THR dan membelanjakannya sampai habis! Sisihkan sebagian dari THR Anda untuk mempersiapkan dana masa depan, seperti investasi. Yuk, intip informasi tingkat keuntungan, proyeksi hasil investasi, dan tingkat risiko berbagai instrumen/layanan investasi dari Danamart!

 

Data Tingkat Keuntungan Berbagai Investasi

Tabel-tabel di bawah ini memuat data tingkat keuntungan berbagai instrumen/layanan investasi dari berbagai tingkat risiko, beserta proyeksi hasil investasinya. Perlu diperhatikan bahwa informasi ini adalah berdasarkan data per 31 Desember 2023, dengan nilai investasi 1 juta rupiah dan untuk investasi selama 1 tahun.

 

Risiko Rendah

Instrumen Keuntungan Proyeksi Hasil Investasi
Emas 10,10% Rp1.101.000,00
Reksadana Pasar Uang 2,49% Rp1.024.900,00

 

Risiko Menengah

Instrumen Keuntungan Proyeksi Hasil Investasi
Reksadana Pend. Tetap 3,53% Rp1.035.300,00
Reksadana Saham -3,65% Rp1.036.500,00
Securities Crowdfunding 14% – 18% Rp1.140.000,00 – Rp1.180.000,00

 

Risiko Tinggi

Instrumen Keuntungan Proyeksi Keuntungan
Saham (IHSG) 6,15% Rp1.061.500,00
P2P Lending 10% – 16% Rp1.100.000,00 – Rp1.160.000,00
Bitcoin 153% Rp1.530.000,00

 

Tips Investasi Bijak

Sebelum memilih instrumen atau layanan investasi, jangan lupa kenali tingkat risiko investasi yang dapat diterima dan target keuangan. Selain itu, jangan taruh semua dana investasi Anda dalam satu instrumen saja, agar dapat meminimalkan kemungkinan rugi dan memaksimalkan potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Untuk itu, lakukan dua tips investasi bijak di bawah ini sebelum memilih instrumen atau layanan investasi yang akan Anda coba.

 

Kenali Profil Risiko

Dalam dunia investasi, profil risiko adalah intensitas atau besarnya risiko dalam investasi yang dapat ditanggung oleh pemodal atau investor, salah satunya dinilai dari tingkat kerugian yang dapat ditanggung. Kemampuan menanggung risiko investasi dibentuk dari beberapa faktor, seperti jumlah penghasilan, pengeluaran, tanggungan, dan pengetahuan terhadap investasi. Perlu diingat, dalam dunia investasi berlaku pepatah “High risk, high return“, yaitu besarnya risiko berbanding lurus dengan tingkat keuntungan. Maka, sebelum berinvestasi, jangan lupa pelajari profil risiko, ya.

 

Diversifikasi Investasi

Diversifikasi investasi adalah penganekaragaman aset investasi atau mengalokasikan dana investasi ke beberapa aset, alih-alih menaruh semuanya dalam satu aset investasi saja. Seperti telah dikatakan sebelumnya, diversifikasi investasi berguna untuk meminimalkan risiko kerugian dan memaksimalkan potensi keuntungan. Dunia investasi bersifat fluktuatif (kadang nilainya naik, kadang nilainya turun) sehingga penting bagi investor untuk mengantisipasinya dengan diversifikasi investasi. Jika satu aset investasi sedang turun nilainya, Anda tetap dapat memetik keuntungan dari aset investasi lain, demikian pula sebaliknya.

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

Investasi securities crowdfunding Danamart hadir untuk membantu masyarakat dalam mengakses peluang investasi yang terpercaya. Berizin dan diawasi OJK, Danamart siap melakukan upaya yang terbaik dalam menjaga kepercayaan Pemodal dan menjangkau lebih banyak Pemodal di masyarakat dengan sistem informasi yang telah tersertifikasi ISO 27001. Pelajari selengkapnya tentang kami di website layanan investasi Danamart


Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id