Pernah mendengar tentang istilah riset pasar?
Riset pasar adalah suatu teknik yang digunakan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga bisnis dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan produk atau layanan yang tepat. Namun, riset pasar seringkali dianggap sulit dan memakan waktu. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas dua cara riset pasar yang mudah, tidak membutuhkan banyak alat, dan minim biaya. Apa saja?
1. Kuesioner
Berupa formulir online atau offline yang dapat diisi oleh konsumen untuk menilai kualitas produk, kualitas layanan, bagaimana mereka menemukan bisnismu, bahkan memberikan saran peningkatan kualitas produk dan layanan.
Pernah memesan makanan di kafe dan restoran, lalu kamu diminta untuk mengisi formulir tentang rasa dan pelayanan di tempat tersebut? Seperti itulah kuesioner.
2. Mengamati Kompetitor
Berupa cara memahami selera pasar dengan mengamati branding dan strategi bisnis pesaingmu, baik dengan mengunjungi toko mereka secara langsung seperti dalam artikel ini, mengamati akun media sosialnya, juga dengan mencoba menggunakan produk mereka.
Itulah dua cara riset pasar yang mudah untuk pengembangan bisnis dan menghasilkan produk atau layanan yang tepat untuk kebutuhan konsumen. Selanjutnya, kamu bisa mencari data yang dibutuhkan untuk memahami kebutuhan konsumen dan cara-cara riset pasar lainnya di Modul Inovasi Bisnis Danamart Academy.
Punya bisnis dengan rencana pertumbuhan berkelanjutan dan ingin dikembangkan dengan dukungan modal dari Danamart? Yuk, buka danamart.id dan pelajari lebih lanjut!
Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/startup) dan Pemilik Modal (Investor) melalui penawaran efek berbasis ekuitas dan efek berbasis utang secara online dalam satu platform.
Referensi
https://blog.hubspot.com/marketing/market-research-buyers-journey-guide