Ide Aktivitas Sabtu: Yuk, Nongkrong Sambil Pelajari 3 Hal Ini dari Kompetitor untuk Kembangin Bisnis Kamu!

Sumber: upklyak on Freepik

Halo, Sobat Danamart! Hari Sabtu adalah hari yang paling dinanti-nanti untuk melepas penat dengan melakukan hobi dan nongkrong di restoran, kafe, dan tempat-tempat lainnya. Ternyata, selain makan-makan dan mengobrol dengan orang tersayang, kamu juga bisa mengembangkan bisnismu dengan mengamati tiga hal berikut dari bisnis kompetitor, lho! Apa saja?

1. Harga

Nilai yang diberikan oleh sebuah bisnis terhadap produknya berdasarkan kualitas bahan, kualitas layanan, dan daya beli target pasar. Namun, aspek yang perlu kamu fokuskan di sini adalah daya beli target pasar karena merekalah sumber pendapatan bagi sebuah bisnis sehingga produk yang disediakan haruslah terjangkau bagi mereka. Dengan mengamati harga, kamu akan dapat mengetahui untuk siapa produk mereka dibuat.

2. Penilaian Pelanggan

Kamu bisa mencari tahu hal ini melalui Google atau ulasan tentang bisnis tersebut di media sosial. Komentar tentang apa yang disukai dan apa yang tidak disukai dari bisnis kompetitor dapat kamu jadikan panduan untuk pengembangan produk dan bisnis itu sendiri, yaitu apa yang perlu dikerjakan dan apa yang harus dihindari dalam meneruskan keunggulan bisnis kepada pelanggan.

3. Cara Promosi

Berbeda dari harga, promosi adalah cara mengenalkan keunggulan sebuah bisnis yang membuatnya berbeda dari bisnis lain. Sekarang, promosi tidak terbatas pada materi visual dalam bangunan atau selebaran, tetapi juga dalam bentuk konten media sosial. Sembari menikmati waktu istirahat, kamu bisa scroll media sosial mereka dan amati tiga hal berikut ini:

  • Konsep materi promosi mereka atau jalan ceritanya
  • Tinggi atau rendahnya minat audiens terhadap promosi tersebut
  • Cara promosi yang belum mereka lakukan untuk kamu lakukan di bisnis kamu

Tentunya, kegiatan jajan-jajan sambil mengembangkan bisnis tidak boleh dilakukan sembarangan., tetapi harus di tempat yang tepat dan bidang usahanya sejenis dengan bisnis yang kita jalankan. Biar lebih optimal, kita juga bisa meminta pendapat dari teman atau rekan bisnis yang dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dan membantu dalam pengambilan keputusan. Selain itu, kita harus dapat memperhatikan setiap detail yang ada dan mampu membedakan hal yang baik dan buruk dari pesaing.

Bagaimana cara melakukannya? Jawabannya bisa kamu dapatkan di Modul Inovasi Bisnis Danamart Academy di academy.danamart.id.

Punya bisnis dengan rencana berkelanjutan dan ingin dikembangkan dengan dukungan modal dari Danamart? Yuk, buka danamart.id dan pelajari lebih lanjut!


Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/startup) dan Pemilik Modal (Investor) melalui penawaran efek berbasis ekuitas dan efek berbasis utang secara online dalam satu platform.

Referensi

https://www.bdc.ca/en/articles-tools/marketing-sales-export/marketing/how-evaluate-competition

https://www.customercare.co.nz/news-hub/benefits-of-competitor-analysis-to-your-business/ 

https://www.bdc.ca/en/articles-tools/marketing-sales-export/marketing/how-evaluate-competition 

https://competera.net/resources/articles/competitive-pricing-analysis#1 

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id