Yuk Kenali Passive Income dan Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Passive Income

Apa Itu Penghasilan Pasif (Passive Income)?

Penghasilan pasif atau passive income adalah penghasilan yang diperoleh dari properti sewaan, kemitraan terbatas, atau perusahaan lain di mana seseorang tidak terlibat secara aktif. Seperti halnya pendapatan aktif, pendapatan pasif biasanya dikenakan pajak, tetapi sering kali diperlakukan berbeda karena peraturan yang berlaku.

Pengertian Penghasilan Pasif

Ada tiga kategori pendapatan utama: pendapatan aktif, pendapatan pasif, dan pendapatan portofolio. Pendapatan pasif / passive income mencakup pendapatan dari properti sewaan, kemitraan terbatas, atau bisnis lain yang tidak melibatkan seseorang secara aktif—misalnya, investasi.

Penghasilan pasif (passive income) cenderung menjadi pendorong gaya hidup profesional bekerja dari rumah dan anda menjadi bos diri anda sendiri. Penghasilan pasif (passive income) telah menjadi istilah yang relatif sering digunakan dalam beberapa tahun terakhir.  Bahasa ini, telah digunakan untuk mendefinisikan uang yang diperoleh secara teratur secara tidak aktif dari orang yang menerimanya.

Jenis investasi apa yang dapat membantu menciptakan pendapatan pasif?

Sekarang setelah anda memahami istilah penghasilan pasif atau passive income, pertanyaan berikutnya yang mungkin anda miliki adalah: ide pendapatan pasif apa yang dapat dijelajahi? Pendapatan pasif biasanya dihasilkan dari investasi yang menghasilkan seperti investasi saham, hingga investasi berbasis esg.

Jenis investasi ini relatif stabil dan lebih dapat diprediksi karena tidak terlalu bergejolak dibandingkan investasi lain yang dimaksud adalah harga tidak naik dan turun dengan drastis.  Ini membuat anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memantau mereka.

Mereka juga lebih cocok untuk investasi jangka panjang, sehingga anda tidak menghadapi banyak tekanan karena harus ‘mengatur waktu’ pasar secara akurat, membeli saat harga berada di titik terendah mutlak dan menjual di puncak.  Jika anda adalah tipe orang yang benar-benar menghargai ketenangan pikiran dan tidak ingin terus terjaga di malam hari karena mengkhawatirkan harga pasar, investasi yang menghasilkan pendapatan pasif kemungkinan besar cocok untuk anda.