Utang Produktif Bisa Bikin Kaya. Bagaimana Caranya?

Sumber foto: Freepik.com/Benzoix

Banyak orang yang beranggapan bahwa menghindari hutang adalah cara untuk mengelola keuangan yang paling baik. Namun dalam ilmu perencanaan keuangan, utang sebenarnya bukanlah sesuatu yang buru. Jika kita bisa memanfaatkan utang untuk kegiatan produktif dengan bijak, utang akan dapat membantu tujuan finansial kita. 

Seorang pengusaha pemula maupun pengusaha besar kenyataannya pernah berutang. Utang digunakan untuk kegiatan produktif agar pengusaha mendapat keuntungan. Utang yang digunaan oleh pengusaha dinamakan utang produktif. lalu bagaimana utang produktif dapat mengembangkan usaha? simak ulasannya.

1. Memiliki Manfaat Finansial

Utang Produktif merupakan utang yang bertujuan untuk mendapatkan manfaat finansial. Manfaat finansial tersebut bisa berupa pembelian aset, untuk membangun usaha, atau untuk meningkatkan arus kas. Laba yang dihasilkan dari kegiatan bisnis yang dibangun dari modal utang dapat digunakan untuk melunasi pinjaman utang produktif, membantu keuangan keluarga, maupun memutar bisnis akan melancarkan arus kas. 

2. Utang Produktif untuk penambahan Aset

Utang Produktif dapat digunakan untuk biaya penambahan aset. Aset inilah yang dapat digunakan untuk membangun usaha ataupun untuk tempat tinggal. Penambahan aset diharapkan dapat memiliki keuntungan untuk kedepannya sehingga utang produktif untuk penambahan aset biasanya diperbolehkan.

3. Utang Produktif untuk Membangun Usaha

Dalam membangun usaha biasanya seseorang tidak memiliki modal yang dapat menunjang keperluan serta kebutuhan untuk kegiatan bisnis. Utang produktif dapat digunakan sebagai modal yang nantinya akan menghasilkan laba usaha dan dapat memutar bisnis untuk melunasi pinjaman.


4. Disiplin dalam Mencicil

Setelah berhasil mendapatkan utang produktif, umumnya seseorang lupa akan kewajibannya dalam membayar cicilan utang. Dalam menggunakan utang konsumtif atau utang produktif ada baiknya kamu memiliki kegiatan yang dapat mengubahnya menjadi bisnis sehingga meringankan beban utang.  Disiplin dalam mencicil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan agar utang produktif tidak semakin menyulitkan dalam kehidupan kamu.

Nah, sekarang sudah paham kan tidak semua utang bersifat negatif dan menjadi beban bagi peminjam dana? Apabila kamu dapat displin dalam mencicil maka utang produktif tidak akan menjadi beban. Danamart memiliki produk pembiayaan untuk bisnis atau usaha berupa productive loan. Kamu bisa mengeceknya di sini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!
Uang THR
Mau Investasi Dengan Uang THR? Cek Perbandingan Keuntungan Di Sini!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

bunga investasi
mobil di depan bendera jepang
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Uang THR

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id