UMKM Menjadi Tulang Punggung Indonesia

UMKM di Indonesia telah menjadi tulang punggung bagi negara. Oleh karena itu, UMKM penting bagi pembangunan masa depan negara ini. Saat ini sebagian besar ekonomi masyarakat Indonesia didorong oleh UMKM.

Saat ini, Indonesia sedang mengalami masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Usaha kelas menengah sedang meningkat, dan teknologi digital telah membawa peningkatan peluang untuk memulai bisnis. Saat ini terdapat lebih dari 62 juta UMKM di tanah air, yang merupakan satu UMKM untuk setiap lima orang Indonesia. Dari jumlah tersebut, 98,75% (61,5 juta) adalah pengusaha UMKM. Mengembangkan usaha kecil ini menjadi yang lebih besar akan menjadi pendorong penting bagi pembangunan masa depan negara ini.

Banyak UMKM tahap awal tidak memiliki rencana pertumbuhan strategis. Fokus utama dalam beberapa tahun terakhir adalah transformasi digital. Namun, ini belum berlaku untuk semua UMKM, mereka tidak memiliki kapasitas manajerial atau operasional untuk membantu usaha mereka berkembang, bahkan dengan bantuan digital. 

Banyak pengusaha UMKM tidak tahu persis di mana mereka berada dalam perjalanan pertumbuhan mereka. Lebih penting lagi, mereka tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang potensi mereka sendiri. Bahkan ketika ditanya keterampilan dan pola pikir apa yang mereka perlukan untuk tumbuh, hampir semua pengusaha (terutama yang berada di tahap awal pendirian UMKM) tidak dapat menjawab pertanyaan dan mereka sama sekali tidak tahu.

UMKM dikategorikan ke dalam tahapan yang berbeda, dengan karakteristik yang berbeda: pendatang baru, artisan, pendatang baru, penantang dan arus utama. Terlihat jelas karakteristik pemilik, pola pikir, keterampilan, dan cara mereka menjalankan bisnis. Hal ini dapat digunakan oleh UMKM lainnya sebagai panduan untuk membantu mereka mencapai potensi penuh mereka, mulai dari memulai bisnis mereka hingga menciptakan sistem manajerial dan operasional yang terukur.

Pada UMKM yang baru muncul/berdiri, tantangan utama adalah mempertahankan fokus dengan mendalami produk yang mereka akan jual. Pada tahap ini, yang dibutuhkan oleh pengusaha adalah bantuan untuk memperluas cakupan penjualan mereka dengan membangun aliran penjualan yang kuat di berbagai wilayah di Indonesia.

Jadi meskipun benar bahwa tidak ada panduan pasti untuk pertumbuhan, hal ini akan membantu UMKM dalam mengatasi tantangan yang akan mereka hadapi. Kami berharap dengan pendekatan yang lebih personal, semakin banyak UMKM yang dapat tumbuh dan berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id