Source: Radar Malang

Kita pasti pernah mendengar atau melihat orang – orang di sekitar kita yang belum tertarik untuk melakukan investasi. Bahkan, mungkin bisa saja kita sendiri yang belum memiliki keinginan untuk berinvestasi terlepas dari mengerti nya seseorang bahwa investasi itu penting karena uang yang diakumulasikan dalam investasi dapat berguna untuk masa depan.

Sebenarnya, alasan mengapa orang belum tertarik dengan investasi bukan hanya karena mereka tidak tertarik, melainkan karena terlalu banyak informasi mengenai investasi yang membuat kita menjadi bingung dan butuh arahan untuk melakukan investasi dengan baik. Mereka juga belum sepenuhnya mengerti secara murni, fungsi penting. Masih ada beberapa orang yang berpikir, “Kalau ini belum menjadi kebutuhan penting saya, kenapa saya harus berinvestasi?”

Banyak masyarakat yang tidak menginginkan untuk melakukan investasi dengan proses yang panjang dan rumit. Terkadang, mereka juga tidak ingin meluangkan waktu dan biaya untuk menemui expert untuk berkonsultasi dengan mengenai produk investasi terbaik. Kalau bisa, masyarakat ingin melakukan investasi secara mudah dan simple. Bagi masyarakat, terdapat dua (2) hal yang menjadi basis penting untuk melakukan investment, yaitu

  1. Akumulasi biaya untuk kebutuhan masa depan, seperti, pensiun
  2. Sumber hasil pendapatan

Hal ini menyebabkan masyarakat akhirnya ‘berlari’ menuju akses digital.

Berdasarkan informasi dari Heba Rasheed, salah satu penulis dari website BobsGuide, saat ini sudah tercatat 30 – 35% masyarakat ingin melakukan investasi melalui akses digital dibandingkan harus mendapat informasi dari keluarga dan teman, interaksi mulut ke mulut atau lainnya. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan yang bergerak di bidang investasi harus meningkatkan kemampuan pemasaran digital, serta memenuhi permintaan dan minat klien.

“Tetapi, apa yang sebenarnya menyebabkan masyarakat memilih untuk melakukan investasi secara digital?”

“Bukankah investasi yang didasarkan dari informasi dari keluarga dan teman atau interaksi mulut ke mulut lebih terpercaya?”

Ternyata, hal yang menyebabkan masyarakat lebih memilih akses investasi secara digital karena akses digital memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi mengenai produk investasi, serta memberikan rekomendasi kepada investor tanpa mereka harus meluangkan waktu dan biaya untuk berkonsultasi dengan expert. Investasi secara digital memudahkan orang untuk berinteraksi dengan orang lain secara online tanpa harus menghabiskan waktu mereka. Contohnya, BukaLapak  membuka fitur BukaReksa dan BukaEmas, menyediakan fasilitas bagi masyarakat untuk melakukan investasi Reksadana dan jual beli emas melalui login online

Dengan adanya ketertarikan masyarakat terhadap akses digital, hal ini menyebabkan adanya perkembangan bagi financial technology atau yang disebut dengan fintech karena aktivitas masyarakat akan bergeser ke penggunaan teknologi termasuk dalam aktivitas keuangan.

Salah satu fintech yang memberikan kemudahan bagi masyarakat adalah Danamart.Danamart menyediakan fitur Pendana dimana masyarakat dapat berinvestasi melalui website kami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perusahaan kami, silahkan hubungi  call center (+62) 21 2555 6719  dan mengirimkan email di [email protected]

By: Sekar Chika

References:

  1. https://www.bobsguide.com/guide/news/2018/Feb/6/the-future-direction-of-digital-investing/
  2. https://medium.com/@Sere691/the-future-of-digital-investing-simple-and-human-solutions-4bb3e442da0c
  3. https://www.kompasiana.com/ilhambarseptember/5a032c63a4b068498e3b1133/trend-bisnis-dan-investasi-dalam-digital-money?page=all

Danamart

Bermula dari kondisi pemilihan investasi dan total return yang terbatas, suatu perusahaan yang bernama PT. Dana Aguna Nusantara memiliki tekad untuk membentuk sebuah platform dengan tujuan untuk memberikan solusi alternative bagi para investor yang kemudian hari dinamakan DANAMART. Nama Danamart sendiri singkatan dari “Digitally TrAnsparent, INvestment Alternative, CoMpassionate MArket, and Responsibly Trusted” Danamart dibentuk menjadi perusahaan yang bergerak secara digital di bidang peer – to – peer lending marketplace guna menghubungkan pendana yang memiliki dana lebih dan peminjam yang memiliki dana terbatas untuk membantu keperluan bisnis berdasarkan invoice bisnis dan purchasing order. Danamart berharap bisa memberikan kepastian kepada Pendana untuk mendapatkan imbal hasil yang diharapkan dan membantu Peminjam untuk dapat menjalankan transaksi bisnis dengan mudah dan lancar. Danamart dikelola oleh orang - orang yang berpengalaman di bidang finansial yang bersatu dengan tujuan untuk mencapai visi dan misi perusahaan