Kelebihan Investasi Digital yang Memudahkan Masyarakat

Ilustrasi investasi digital yang bisa dilakukan melalui handphone
Image from freepik/Freepik

Ada beberapa alasan mengapa seorang investor memilih layanan investasi tertentu, yaitu kelengkapan izin (khususnya adanya izin resmi dari OJK), keuntungan yang menarik, dan reputasi manajemen atau penyelenggara layanan investasi yang baik dan (cenderung) minim masalah. Itulah mengapa, banyak orang lebih percaya untuk berinvestasi di lembaga konvensional, seperti bank dan perusahaan investasi ternama.

 

Apa Itu Investasi Digital

 

Investasi digital adalah layanan investasi yang dapat diakses melalui perangkat digital, seperti handphone, laptop, dan tab, selama ada koneksi internet. Selain dua hal tersebut, investasi digital juga dicirikan oleh prosesnya yang bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja, mulai dari registrasi, pembelian produk investasi, hingga pemantauan kinerja investasi.

 

Tren Investasi Digital

 

Berbeda dari investasi konvensional, investasi digital seringkali tidak terlepas dari masalah, baik yang terkait izin, kurangnya kejelasan tentang kinerja investasi, sampai koneksi internet yang lambat dan mempersulit investor untuk mengakses layanan investasi. Namun demikian, dalam lima tahun belakangan, investasi digital semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya gen Z dan milenial yang banyak mengisi populasi investor pemula, menurut survei Populix pada tahun 2023.

 

Akses investasi digital yang mudah (karena bisa diakses melalui handphone) dan aktivitasnya yang terkesan ‘trendy’ atau ‘nge-hits banget’ membuat investasi digital bisa diminati oleh dua kelompok usia sekaligus, yaitu milenial yang sudah memikirkan tujuan keuangan jangka panjang dan gen Z yang senang mencoba hal-hal baru, selama membawa manfaat. Sebetulnya, mengapa investasi digital masih sangat digemari? Atau, apa kelebihan-kelebihan investasi digital yang sulit ditemukan di investasi konvensional? Mari kita pelajari bersama.

 

Kemudahan Investasi Digital

 

Biaya Investasi Terjangkau

Mulai dari emas digital, obligasi, reksadana, hingga saham, banyak produk yang ditawarkan di platform investasi digital dengan biaya yang terjangkau. Kemungkinan, hal ini bisa terjadi karena investasi digital dihadirkan untuk dapat dijangkau semua golongan, termasuk investor pemula dengan modal minim. Sehingga, banyak platform berlomba-lomba untuk menawarkan produk investasi dengan minimum yang ramah di kantong, mulai dari 10 ribu rupiah, 100 ribu rupiah, hingga 1 juta rupiah.

 

Akses Edukasi Investasi yang Mudah

Sesuai dengan branding atau citra perusahaan yang ‘digital’, modern, dan canggih, penyelenggara investasi digital pun juga memanfaatkan media sosial dan blog sebagai sarana untuk membagikan wawasan dan tips investasi kepada audiensnya. Dengan demikian, saat bersantai di rumah bahkan di sela-sela waktu kerja, calon investor dan investor bisa memperluas pemahamannya akan dunia investasi dan mendapatkan informasi tentang peluang investasi terbaru hanya dengan scroll-scroll selama beberapa menit.

 

Minim Interaksi

Platform investasi digital memungkinkan terjadinya proses investasi tanpa harus bertemu orang lain atau banyak berinteraksi dengan orang baru (dalam hal ini, yaitu perwakilan dari perusahaan penyelenggara layanan investasi), dengan proses registrasi dan investasi yang dapat dilakukan secara online, Selain itu, platform investasi digital juga menyediakan layanan pelanggan via chat, sehingga calon investor tidak perlu telepon atau bertemu langsung untuk menyelesaikan kendala investasi. Dengan meningkatnya tuntutan hidup, seperti tuntutan untuk melakukan lebih dari satu pekerjaan setiap harinya untuk mencukupi biaya hidup pribadi dan keluarga, banyak milenial dan gen Z yang mencoba meminimalisir interaksi antar manusia jika tidak benar-benar diperlukan untuk mengurangi kepenatan.

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

 

Investasi securities crowdfunding adalah layanan investasi digital yang dihadirkan untuk membuka akses menambah uang, meningkatkan nilai aset, atau mendapatkan penghasilan pasif dengan modal terjangkau dari layanan yang bisa diakses secara fleksibel. Di Danamart, investasi securities crowdfunding dihadirkan dengan minimum hanya Rp100.000 dengan tingkat keuntungan menarik. Pelajari selengkapnya tentang layanan investasi kami di www.danamart.id!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id