Terapkan Financial Wisdom agar menjadi Financial Freedom

1. Mulai Mengatur Pengeluaran dan Pemasukan

Rencana keuangan sangat penting untuk mengendalikan keuangan Anda dan mencapai tujuan tertentu. Pertama-tama, buat catatan pengeluaran perbulan. Dari catatan pengeluaran tersebut Anda akan mengetahui berapa besar jumlah dana yang dikeluarkan perbulannya. Setelah itu, Anda bisa melihat berapa sisa dana yang dimiliki dan bisa merencanakan pengelolaan sisa dana Anda yang telah dikurangi pengeluaran per bulannya.

2. Mulai Lunasi Pinjaman atau Cicilan

Jika Anda memiliki pinjaman sebaiknya lunasi segera agar terbebas dari beban finansial. Jika anda dapat mengendalikan pinjaman atau cicilan Anda, itu masih aman. Mulai alokasikan berapa banyak anggaran pengeluaran untuk melunasi pinjaman atau cicilan. Hal ini menjadi evaluasi pengeluaran tetap anda untuk menyisihkan sebagian dana Anda untuk melunasi pinjaman Anda.

3. Mulai Menabung Tiap Minggu

Biasanya orang-orang akan menabung tiap bulannya. Menabung tiap bulan juga tidak masalah, Anda juga bisa memilih menabung tiap bulan memakai tabungan berjangka agar Anda tidak perlu repot untuk mendebitkan uang Anda ke tabungan Anda. Namun, ada cara lain selain menabung tiap bulan, yakni menabung tiap minggu. Anda mulai bisa menabung tiap minggu melalui hal-hal kecil, sisa-sisa recehan yang ada di kantong celana Anda. Selain uang recehan, Anda juga bisa menabung melalui weekly plan (rencana mingguan) untuk merencanakan berapa besar dana yang akan ditabung tiap minggunya.

4. Tingkatkan Kemampuan Finansial . Mulai Mengatur Pengeluaran dan Pemasukan

Menambah skills finansial juga dapat meningkatkan kemampuan finansial wisdom. Meskipun terlihat sepele, namun jika anda mengetahui lebih banyak tentang bagaimana mengelola finansial Anda, Anda akan lebih bijak dalam mengeluarkan uang dan menciptakan uang Anda sendiri. Coba ikuti seminar, pelatihan, membaca buku, atau bisa juga lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang yang memahami masalah finansial.

5. Mulai berinvestasi

Selain menabung, berinvestasi juga penting untuk mengamankan nilai uang di masa depan. Sisihkan sebagian tabungan atau uang Anda untuk berinvestasi. Banyak jenis investasi yang bisa dipilih sesuai kemampuan pribadi, misalnya perhiasan emas, logam mulia, deposito, reksadana, peer-to-peer lending, dan saham. Selain itu, sekarang banyak instrumen investasi yang menawarkan investasi dengan jumlah modal investasi mulai dari Rp100.000.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id