Securities Crowdfunding: Investasi Kekinian yang Menguntungkan untuk Anak Muda

Ilustrasi securities crowdfunding untuk membiayai proyek atau mendukung modal bisnis perusahaan
Securities Crowdfunding untuk Investasi Usaha Potensial. Image by macrovector/Freepik

Dalam era digital yang terus berkembang, pilihan investasi juga semakin banyak. Dalam beberapa tahun ini, ada beberapa bentuk investasi yang naik daun, salah satunya adalah securities crowdfunding. Apa itu securities crowdfunding? Bagaimana cara berinvestasi melalui securities crowdfunding? Yuk, kita bahas!

 

Apa Itu Securities Crowdfunding?

Securities crowdfunding adalah metode pengumpulan dana dari banyak orang, di mana sejumlah Investor dapat menanamkan modal dalam jumlah kecil pada proyek atau perusahaan dan mendapatkan saham atau bentuk kepemilikan lainnya. Platform-platform crowdfunding menyediakan sarana untuk menghubungkan pengusaha dengan Investor, memungkinkan proyek-proyek menarik untuk mendapatkan dana dengan syarat yang lebih meringankan, terutama terkait jaminan.

 

Keuntungan dari Securities Crowdfunding

 

1. Diversifikasi Portofolio dalam Satu Platform

Dengan securities crowdfunding, kamu bisa melakukan diversifikasi cukup dengan satu platform. Artinya, dengan membuat akun pada satu platform saja, Investor bisa berinvestasi dalam berbagai proyek atau perusahaan dengan dana yang relatif kecil dengan memiliki efek sesuai preferensi. Fitur ini memudahkan Investor untuk mengalokasikan dananya ke berbagai efek investasi dan pada akhirnya, mengurangi risiko investasi.

 

2. Akses Informasi Mendetail ke Investasi Potensial

Informasi investasi di perusahaan start-up atau proyek inovatif seringkali sulit diakses oleh Investor individu. Securities crowdfunding membuka pintu bagi Investor umum untuk mengambil bagian dalam kesempatan investasi yang menarik, serta memahaminya dengan lengkap sebelum menanamkan uang. Securities crowdfunding unggul dalam hal ini dengan menyediakan semua dokumen yang perlu dipelajari oleh Investor, mulai dari fact sheet, laporan keuangan, sampai anggaran kebutuhan proyek pada peluang investasi berupa proyek usaha.

 

3. Potensi Keuntungan Tinggi

Investasi dalam proyek yang sukses dapat memberikan keuntungan yang tinggi. Namun, penting untuk diingat bahwa seperti investasi lainnya, ada risiko yang terlibat.

 

4. Keterlibatan dan Dampak Sosial

Banyak platform crowdfunding membuka kesempatan bagi usaha yang melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan. Dengan berinvestasi pada perusahaan atau proyek seperti itu, kamu sebagai Investor juga bisa terlibat aktif dalam proyek atau perusahaan yang mereka investasikan. Hal ini dapat memberikan rasa kepemilikan dan memungkinkan untuk mendukung ide atau inisiatif yang dipercayai.

 

Bagaimana Cara Mulai Investasi di Securities Crowdfunding?

 

1. Pilih Platform Crowdfunding yang Tepat

Pilih platform crowdfunding yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi pribadimu, termasuk dari segi target tabungan dan lama waktu untuk mengumpulkan tabungan tersebut. Pastikan platform tersebut memiliki reputasi yang baik dan telah sukses mengelola proyek-proyek sebelumnya. Atau, setidaknya, Penyelenggara layanan di platform tersebut punya tim dengan keahlian yang mumpuni untuk mengelola proses penerbitan efek dan investasi.

 

2. Lakukan Riset Mendalam

Sebelum berinvestasi, lakukan riset mendalam tentang proyek atau perusahaan pilihan kamu. Tinjau laporan keuangan, rencana bisnis, dan evaluasi risiko dengan seksama.

 

3. Tentukan Jumlah Investasi

Tentukan sejumlah dana yang siap kamu gunakan untuk investasi. Investasi hendaknya juga bisa menjadi sebuah kebiasaan sehingga kamu perlu merencanakan jumlah dana yang bisa kamu alokasikan secara konsisten. Ingat, jangan pernah berutang untuk investasi, apalagi sampai menyulitkan pemenuhan kebutuhan hidup, ya!

 

4. Pantau dan Evaluasi Investasi

Setelah berinvestasi, terus pantau perkembangan proyek atau perusahaan. Evaluasi kinerja investasi secara berkala dan buat keputusan berdasarkan informasi yang kamu peroleh. Jangan sungkan untuk menghubungi Penyelenggara jika ada masalah pada investasi.

 

Platform Securities Crowdfunding Berizin OJK

Hingga saat ini, sudah ada 10 platform securities crowdfunding yang telah berizin OJK, salah satunya adalah Danamart. Dengan potensi keuntungan 15% per tahun dan investasi terjangkau dengan minimal 100 ribu rupiah, securities crowdfunding Danamart mampu mendukung pertumbuhan uang yang menjanjikan dan terpercaya. Apalagi, platform ini juga mendukung terciptanya kemajuan dengan prinsip ESG yang selalu mendorong usaha pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan.

 

Kesimpulan

Securities crowdfunding adalah investasi kekinian yang dapat memberikan peluang besar bagi investor kecil. Dengan diversifikasi portofolio, akses ke investasi potensial, dan potensi pengembalian tinggi, ini adalah opsi yang patut dipertimbangkan. Namun, penting untuk diingat bahwa investasi selalu melibatkan risiko, dan riset yang teliti adalah kunci kesuksesan. Tidak ada investasi yang bisa berjalan tanpa risiko, tapi pilihlah investasi yang pengendalian risikonya memiliki standar yang ketat.

 

Investasi Kekinian di Securities Crowdfunding Danamart

Sekarang, semakin banyak anak muda yang mengejar dampak atau manfaat dari apa yang mereka lakukan. Begitu juga dengan investasi. Maka, Danamart hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan investasi kekinian di securities crowdfunding berbasis ESG. Tertarik? Yuk, daftarkan diri untuk menjadi Investor dan mulai investasi di sini!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id