Referensi dalam Memilih Kampus Idaman

Dalam memilih kampus yang kita inginkan, tentunya harus melalui proses yang matang untuk bisa mendapatkan sebanyak-banyak informasi agar pilihan yang kita pilih bisa sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan kita. Berikut merupakan cara yang bisa teman-teman pilih sebagai referensi dalam memilih kampus idaman teman-teman: 

  1. Seminar

Seminar merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencari informasi, bertukar pikiran, dan melakukan tanya jawab terkait dengan tema yang teman-teman inginkan yang tentunya dalam hal ini adalah terkait dengan pemilihan kampus idaman. Teman-teman dapat menghadiri seminar yang diadakan oleh sebuah event organizer atau melalui acara yang diadakan oleh kampus itu sendiri. Untuk kondisi pandemi seperti saat ini, teman-teman tidak perlu khawatir, banyak sekali platform dan juga event yang mengadakan webinar atau seminar online dan juga banyak dari mereka yang gratis loh, jadi sudah tidak perlu khawatir.

  1. Open House

Selain melalui seminar, teman-teman juga bisa mencari informasi kampus idaman teman-teman melalui open house yang biasa dibuat oleh pihak kampus yang bersifat umum dan bertujuan untuk mengenalkan kampus mereka kepada khalayak luas. Untuk mengetahui jadwal pembuatan open house, teman-teman bisa langsung saja mengecek laman media kampus yang diinginkan, bisa melalui instagram, twitter, facebook, website dan lain sebagainya untuk kemudian melakukan proses pendaftaran yang sudah ditentukan oleh pihak kampus masing-masing. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kampus di dalam negeri ya teman-teman, kampus yang berlokasi di luar negeri juga biasa membuat open house untuk menjangkau anak muda di Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di negara atau kampus mereka silahkan teman-teman cek website atau platform media yang disediakan oleh kampus tersebut.

  1. Diskusi dengan Alumni

Alternatif lainnya adalah melalui diskusi langsung dengan alumni di institusi pendidikan terkait. Untuk model referensi yang satu ini lebih berkonsep kepada sharing session dan lebih bisa bertanya lebih dalam terkait dengan misalnya kebudayaannya, tips dan trik untuk membuat essay misalnya, jika teman-teman ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Intinya untuk diskusi dengan alumni ini lebih bisa mendalam pembahasannya mulai dari hal yang major hingga ke hal-hal minor.

  1. Publikasi Ranking Universitas

Tidak hanya untuk mengetahui kegiatan kampus dan juga hal kecil lainnya, teman-teman juga harus memperhatikan kualitas calon kampus idaman yang diinginkan, salah satu caranya adalah dengan mengecek ranking universitas dan juga jurusan di sebuah kampus melalui salah satu platform dibawah ini, terutama bagi yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri: 

  • MBA : untuk program MBA, teman- teman bisa melihatnya melalui USNews, Business Week, Financial Times , The Economist
  • Umum : Untuk program umum, teman-teman bisa melihat melalui USNews, Shanghai Ranking, QS Star.
  1. Admission mentor/Counselors/Consultants

Pilihan selanjutnya adalah teman-teman bisa menggunakan jasa konsultan atau mentor untuk kemudian menganalisis diri teman-teman mulai dari minat, bakat, kepribadian, hingga mimpi yang ingin teman-teman capai. Jasa ini kemudian membantu teman-teman dalam memberikan rekomendasi dan juga  menentukan kira-kira universitas dan jurusan apakah yang sesuai dengan latar belakang diri teman-teman. 

Bagaimana teman-teman? Ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui kampus idaman kita lebih dalam. Karena memilih kampus dan jurusan bukan hanya sekedar dari luarnya saja, namun lebih dalam dari itu ada beberapa hal yang penting untuk diketahui lebih dalam agar terhindar dari adanya salah pilih jurusan atau kampus.

Jika ada kemauan pasti akan ada jalan, walaupun masih banyak yang terkendala dari segi biaya, namun di era digital seperti ini sudah banyak alternatif pembayaran yang disediakan, jadi teman-teman tidak perlu khawatir. Cek program Danastudi dari Danamart sebagai salah satu solusi dari kendala biaya https://danamart.id/danastudi

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id