Pertimbangan Memilih Kampus Idaman

Masing-masing dari kita pasti memiliki kampus yang kita idam-idamkan atau kita impikan. Tentunya proses dalam mencapai hal tersebut harus kita persiapkan secara matang, baik untuk melanjutkan studi di dalam maupun luar negeri. Berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih kampus idaman teman-teman.

  1. Reputasi Universitas

Melihat track record dari sebuah kampus sangatlah penting. Yang pertama adalah akreditasi kampus, apakah nilai dari kampus tersebut baik atau tidak. Disarankan untuk memilih kampus dengan akreditasi A, karena bagi sebagian besar perusahaan hal ini menjadi faktor pertimbangan dalam merekrut karyawan baru. Tidak hanya itu, memperhatikan alumni atau lulusan dari kampus yang teman-teman idamkan juga penting, apakah lulusan dari kampus tersebut memiliki karir yang baik dan apakah hubungan antar alumni kuat. Hal ini perlu karena bisa menjadi salah satu tolak ukur reputasi dari kampus tersebut dan juga menjadi bekal relasi bagi teman-teman setelah selesai masa studi. 

  1. Jurusan

Jurusan merupakan hal sangat penting yang harus menjadi pertimbangan teman-teman, mengapa demikian? Karena ini akan berkaitan erat dengan apa yang akan teman-teman pelajari di masa studi nanti. Hal yang perlu dilihat adalah akreditasi dari jurusan di kampus itu, kemudian mencari tahu pelajaran dan materi apa saja yang akan dipelajari di jurusan yang akan teman-teman pilih nanti. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah jenis penyelesaian masa studi, apakah dengan menggunakan thesis atau biasa disebut sebagai karya ilmiah, independent study atau biasa disebut pembelajaran mandiri, atau coursework only . Pertimbangan terakhir adalah lama masa studi.

  1. Dosen/ Riset

Selain jurusan, hal yang kemudian harus diperhatikan adalah dosen pengajar di kampus yang akan dipilih. Teman- teman bisa melihat kualitas pengajar dosen tersebut melalui hasil riset atau kontribusi jurnal yang pernah dibuat oleh dosen yang bersangkutan. Terdapat cara mudah untuk mengecek itu semua, teman-teman bisa membuka website resmi dari kampus dan jurusan yang dituju, kemudian cari tahu profil dosen-dosen yang akan mengajar di kampus tersebut, biasanya akan muncul data-data seperti dari mana lulusan dosen tersebut dan juga jurnal apa saja yang sudah dibuat oleh dosen yang bersangkutan, lalu teman-teman dapat mempertimbangkan kredibilitas dosen tersebut untuk dijadikan alat bantu dalam menentukan kampus dan jurusan yang tepat dengan kriteria diri masing-masing. 

  1. Lokasi

Terakhir, hal yang juga harus diperhatikan adalah lokasi kampus, di mana ini berkaitan dengan jarak, apakah bisa dijangkau dari domisili dan rumah tinggal teman-teman atau harus mencari alternatif lain seperti dorm atau kost. Jika memang harus menggunakan dorm atau kost, perlu diperhatikan juga biaya hidup di lokasi tersebut, sesuai atau tidak dengan dana yang sudah disiapkan. Sama halnya dengan jarak, suasana dan iklim juga menjadi faktor penting sesuai dengan preferensi teman-teman, namun diluar itu semua ada hal yang terkadang lepas dari perhatian kita, yaitu kesempatan kerja dan juga networking. Dua hal tersebut menjadi penting untuk jangka panjang  guna membantu jenjang karir teman-teman saat sudah selesai menjalani masa studi.

Teman-teman dapat mulai melakukan research poin-poin diatas dari sekarang, lalu persiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk melengkapi keperluan pendaftaran kuliah. Jangan terburu-buru, pikirkan secara matang terlebih dahulu. Konsultasikan kepada yang lebih berpengalaman juga sangat direkomendasikan. Dan walaupun masih banyak yang terkendala dari segi biaya, namun di era digital seperti ini sudah banyak alternatif pembayaran yang disediakan, jadi teman-teman tidak perlu khawatir. Cek program Danastudi dari Danamart sebagai salah satu solusi dari kendala biaya https://danamart.id/danastudi.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id