Persiapan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia diprediksi akan mengalami peningkatan akibat dari adanya kenaikan mobilisasi masyarakat pada perayaan lebaran kemarin, akibatnya kegiatan new normal masih harus terus dijalankan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi dari segi pendidikan dan perlu adanya adaptasi dari pihak institusi pendidikan untuk bisa menjalankan new normal dengan baik, dan berikut adalah hal yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan sekolah daring:

  1. Tools Pembelajaran Daring

Dengan metode pembelajaran berbasis internet, beberapa institusi pendidikan perlu melakukan adaptasi yang salah satu caranya adalah dengan meningkatkan sistem belajar melalui peningkatan alat yang digunakan seperti komputer, laptop, internet, program berbasis internet sebagai alat penunjang pembelajaran dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan dalam proses belajar agar materi bisa tersampaikan secara baik kapanpun dan dimanapun tanpa adanya kendala jarak. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan tools seperti e-learning.  Penggunaan e-learning tentunya sangat memudahkan baik dari pihak pengajar maupun siswa dalam mengakses materi dan dapat memaksimalkan penyampaian materi ayaknya pada masa tatap muka. 

  1. SDM 

Tidak hanya dari segi tools, peran pengajar dalam menjalankan pembelajaran daring juga sangat menentukan, penguasaan pengajar terhadap tools yang akan digunakan menjadi salah satu komponen penting dalam melaksanakan pembelajaran daring. Tidak berhenti disitu, peran dari adanya kualitas sumber daya manusia yang baik ini juga membutuhkan adanya proses adaptasi terhadap model pembelajaran offline menjadi online. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pengajar di era digital ini adalah dengan memberikan pelatihan terkait dengan metode pembelajaran digital dan juga tools yang nantinya akan digunakan. 

Kedua hal tersebut tentunya merupakan komponen penting dalam melakukan adaptasi terhadap pembelajaran di era new normal ini. Dalam praktiknya, untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik dan tidak kalah dengan pembelajaran tatap muka, harus adanya persiapan yang maksimal dari segi institusi pendidikan dalam melakukan pembelajaran daring, tentunya terdapat beberapa hal yang harus dikembangkan dan pastinya membutuhkan biaya yang tidak kecil, tapi teman-teman tidak perlu khawatir, ada banyak solusi yang tersedia. Cek program Dana Sekolah dari Danamart sebagai salah satu solusi dari kendala biaya https://danamart.id/product/danasekolah

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id