Perencanaan Keuangan vs Perencanaan Investasi

Cukup sering kita semua cenderung menggunakan istilah perencanaan keuangan dan perencanaan investasi secara bergantian. Sebenarnya, ada perbedaan besar antara keduanya. Meskipun mereka kadang-kadang cenderung berbaur satu sama lain, perlu diingat bahwa mereka tidak satu dan sama. Perbedaan utama antara perencanaan keuangan dan perencanaan investasi terletak pada area fokusnya. Perencanaan keuangan adalah kerangka kerja yang lebih luas, sedangkan perencanaan investasi adalah inti dari pelaksanaan rencana tersebut. Mari kita lihat beberapa aspek penting yang menempatkan debat perencanaan keuangan vs perencanaan investasi.

Perencanaan Keuangan adalah Kerangka Kerja, Sedangkan Perencanaan Investasi adalah Perinciannya

Inilah perbedaan utama antara perencanaan keuangan dan perencanaan investasi. Rencana keuangan menjabarkan kerangka kerja yang luas untuk mencapai tujuan keuangan anda. Lalu, perencanaan investasi lebih berfokus pada seluk beluk campuran aset, pengembalian aset, diversifikasi, dll. Rencana investasi adalah jalur anda menuju rencana keuangan anda. Salah satunya adalah ide dan yang lainnya adalah eksekusi.

Perencanaan Keuangan Melihat Jauh Ke Masa Depan

Anda biasanya akan melihat seorang perencana keuangan melihat jauh ke masa depan. Perencana keuangan akan meminta anda untuk mulai mengkhawatirkan masa pensiun anda yang akan jatuh tempo setelah 30 tahun atau pendidikan anak anda yang akan jatuh tempo setelah 18 tahun. Anda mungkin bertanya-tanya; apakah mungkin untuk melihat sejauh ini ke masa depan? Itulah yang dimaksud dengan perencanaan keuangan! Hal ini didasarkan pada premis bahwa pendekatan yang baik pasti lebih baik daripada tidak merencanakan sama sekali. Perencanaan investasi, di sisi lain, mengambil perspektif yang jauh lebih pendek dan lebih cerdas. Ini lebih melihat bagaimana kinerja kelas yang berbeda seperti dana ekuitas, dana hutang, dana cair dan dana emas dalam beberapa tahun ke depan dan bagaimana hal itu akan memetakan perjalanan anda menuju tujuan anda.

Perencanaan Investasi adalah Tentang Investasi; Perencanaan Keuangan Jauh Lebih Banyak

Ketika anda berbicara tentang perencanaan investasi, fokusnya lebih pada kelas aset. Anda fokus pada ekuitas, utang, emas, aset likuid, dll. Seluruh fokus di sini adalah untuk mengubah campuran aset anda sedemikian rupa untuk mendekati tujuan keuangan anda dengan cara yang paling dapat diprediksi. Perencanaan keuangan lebih banyak. Ini tentang segala sesuatu yang penting untuk membantu anda memenuhi impian anda. Jadi perencanaan keuangan memiliki peran utama dalam membantu anda mengurangi hutang anda, terutama hutang biaya tinggi anda. Ini juga berfokus pada produk lain yang mengurangi risiko anda seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi aset, asuransi kewajiban, dll.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!
Uang THR
Mau Investasi Dengan Uang THR? Cek Perbandingan Keuntungan Di Sini!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

bunga investasi
mobil di depan bendera jepang
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Uang THR

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id