Perencanaan Investasi (Investment Plan) dan Keuntungannya

Apa Itu Perencanaan Investasi?

Perencanaan investasi adalah proses mengidentifikasi tujuan keuangan dan mengubahnya melalui pembuatan rencana.  Perencanaan investasi merupakan komponen utama dari perencanaan keuangan.  Perencanaan investasi dimulai dengan identifikasi tujuan dan sasaran.  Kemudian kita perlu mencocokkan tujuan tersebut dengan sumber daya keuangan yang tersedia.  Saat ini ada banyak sarana investasi untuk diinvestasikan, yang paling umum adalah uang tunai, ekuitas, obligasi, dan properti.  Jadi sesuai dengan dana yang tersedia kita dapat berinvestasi pada kendaraan tersebut untuk memperoleh maksud dan tujuan kita.

Melakukan investasi yang cerdas sebenarnya dapat membuat kehidupan finansial kita menjadi lebih baik.  Ini akan membantu dalam memberikan kita cukup dana untuk mewujudkan impian kita.  Perencanaan investasi sangat penting sebelum berinvestasi.  Saat ini sebagian besar orang memiliki portofolio yang terdiri dari berbagai sarana investasi seperti saham, emas, obligasi, skema pemerintah, dll. Oleh karena itu, diperlukan rencana investasi yang tepat untuk mengamankan masa depan kita secara finansial.

Keuntungan Perencanaan Investasi:

Keamanan keluarga: Perencanaan investasi penting dari sudut pandang keamanan keluarga.  Jika terjadi sesuatu pada anggota keluarga yang bekerja maka anggota keluarga lainnya akan aman secara finansial dengan investasi tersebut.

Mengelola pendapatan secara efisien: Sangat mungkin untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran orang yang memiliki rencana investasi secara efisien. Mengelola pendapatan membantu orang tersebut untuk mengelola pengeluaran lain, pembayaran pajak, dll.

Pemahaman keuangan: Perencanaan investasi membantu dalam memahami situasi keuangan kita saat ini.  Menjadi mudah bagi seorang individu untuk mengevaluasi investasi atau rencana pensiun dengan memiliki pemahaman keuangan.

Tabungan: Seseorang harus berinvestasi dalam sarana investasi yang sangat pasti. Dana dapat dengan mudah diambil dari investasi tersebut dalam keadaan darurat.

Gaya hidup: Penghematan yang dihasilkan dari investasi sangat berguna di masa-masa sulit.  Misalnya, kematian individu yang bekerja dalam keluarga sangat mempengaruhi standar hidup.  Saat itu investasi yang dilakukan oleh orang yang bekerja menjadi sumber pendapatan yang bermanfaat bagi keluarga.

Itulah beberapa keuntungan dari perencanaan investasi. Bagi anda yang sudah memiliki rencana untuk berinvestasi, segera wujudkan dari sekarang!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id