Pentingnya Membuat Rencana Investasi (Investing Plan) Sebelum Berinvestasi

Membuat rencana investasi mungkin terdengar rumit, tetapi sebenarnya bisa sangat sederhana.  Ini dapat dimulai dengan tujuan anda dan toleransi anda terhadap risiko.

  •  Tetapkan Tujuanmu

Jika anda belum melakukannya, tetapkan tujuan anda. Tuliskan tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang anda. Serta pastikan mereka realistis dan dapat ditindaklanjuti.

  •  Mulai Lebih Awal

Menunggu untuk menabung dan berinvestasi bisa berbahaya bagi anda. Semakin cepat anda memulai, semakin cepat uang anda bisa digunakan dan semakin lama anda menunggu, maka semakin sulit untuk mencapai tujuan anda.

  • Pertimbangkan Bagaimana Waktu Mempengaruhi Risiko

Waktu di dalam pasar adalah kunci ketika anda berinvestasi. Semakin lama anda harus mencapai tujuan anda, maka semakin banyak risiko yang umumnya dapat anda ambil karena investasi anda memiliki lebih banyak waktu untuk mendapatkan keuntungan dari pasar yang naik dan pulih dari pasar yang turun. Inilah sebabnya mengapa menjadi lebih agresif dan mengambil lebih banyak risiko, ini memungkinkan semakin jauh anda dari tujuan anda. Saat tujuan anda semakin dekat, biasanya ada baiknya untuk mengalihkan investasi anda ke investasi yang lebih stabil (atau konservatif) untuk melindungi dari kerugian.

Tips Investasi untuk anda hanya jika anda membutuhkan uang dalam:

Kurang dari tiga tahun: anda mungkin sebaiknya tidak berinvestasi di saham. Mereka terlalu mudah berubah. Pertimbangkan investasi tunai seperti dana pasar uang dan mungkin obligasi jangka pendek atau dana obligasi.

Tiga sampai lima tahun: mungkin tepat untuk menginvestasikan sebagian uang anda di saham (tergantung toleransi risiko anda), tetapi sebagian besar harus dalam bentuk obligasi atau setara kas karena anda tidak punya banyak waktu untuk pulih dari kerugian pasar saham.

Enam sampai 10 tahun atau lebih: anda dapat menambahkan lebih banyak saham ke dalam beberapa platform investasi untuk menginvestasikan sebagian besar uang (lebih dari setengahnya) mengingat berapa banyak waktu yang harus Anda investasikan.

  • Pikirkan Tentang Risiko

Saat berinvestasi, beberapa orang cenderung berfokus pada seberapa banyak yang dapat mereka hasilkan dan tidak memikirkan seberapa besar kerugian yang mereka dapat atau kapasitas risiko mereka. Realitas investasi adalah bahwa pasar naik maka harga ikut naik begitu pula sebaliknya saat turun. Hampir semua investasi melibatkan beberapa tingkat risiko, jadi sangat penting bagi investor baru untuk memahami bagaimana tentang risiko tersebut. Ini akan membantu anda memutuskan apakah anda ingin berinvestasi secara konservatif, moderat atau agresif. 

Memutuskan seberapa besar risiko yang ingin anda ambil adalah salah satu langkah pertama dan terpenting. Investasi memiliki potensi pengembalian terbesar juga membawa risiko terbesar.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id