Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Untuk Mendatangkan Investor

Laporan keuangan memberikan gambaran tentang kesehatan keuangan perusahaan pada titik waktu tertentu, memberikan wawasan tentang kinerja, operasi, arus kas, dan kondisi keseluruhannya.  Para pemegang saham membutuhkan itu untuk membuat keputusan yang tepat tentang investasi ekuitas mereka, terutama ketika tiba saatnya untuk memberikan suara pada masalah perusahaan.

Untuk membuat keputusan yang lebih baik, penting bagi mereka untuk menganalisis stok mereka menggunakan berbagai pengukuran, bukan hanya beberapa. Beberapa metrik yang dibutuhkan meliputi rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio utang, rasio efisiensi, dan rasio harga.

Laporan keuangan memberikan gambaran tentang kesehatan keuangan perusahaan, memberikan wawasan tentang kinerja, operasi, dan arus kasnya.

Laporan keuangan sangat penting karena memberikan informasi tentang pendapatan, pengeluaran, profitabilitas, dan hutang perusahaan.

Analisis rasio keuangan melibatkan evaluasi item baris dalam laporan keuangan untuk membandingkan hasil periode sebelumnya dan pesaing.

Laporan keuangan adalah catatan keuangan yang menunjukkan aktivitas bisnis dan kinerja keuangan perusahaan. Perusahaan diwajibkan untuk melaporkan laporan keuangan mereka setiap triwulan dan tahunan. 

Laporan keuangan penting bagi investor karena dapat memberikan informasi yang sangat besar tentang pendapatan perusahaan, pengeluaran, profitabilitas, beban utang, dan kemampuan untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek dan jangka panjangnya. Ada tiga laporan keuangan utama.

  1. Neraca Keuangan

Neraca menunjukkan aset perusahaan (apa yang mereka miliki), kewajiban (apa yang mereka miliki), dan ekuitas pemegang saham (atau kepemilikan) pada saat tertentu.

  1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi melaporkan pendapatan yang dihasilkan dari penjualan, biaya operasional yang terlibat dalam menciptakan pendapatan tersebut, serta biaya lainnya, seperti pajak dan beban bunga atas utang apa pun di neraca.  Jumlah bersih atau garis bawah dari laporan laba rugi adalah laba bersih atau laba untuk periode tersebut.  Laba bersih adalah pendapatan dikurangi semua biaya menjalankan bisnis.

  1. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas mengukur uang tunai yang dihasilkan untuk suatu periode, termasuk semua transaksi yang ditambahkan atau dikurangi dari uang tunai. Arus kas penting karena menunjukkan berapa banyak kas yang tersedia untuk memenuhi kewajiban jangka pendek, berinvestasi di perusahaan, atau membayar dividen kepada pemegang saham.  Dividen biasanya pembayaran tunai kepada pemegang saham sebagai keuntungan untuk menginvestasikan perusahaan.

Membuat laporan keuangan sudah terdapat formatnya masing-masing. Karena laporan keuangan akan menentukan keputusan investor.