Pengertian Non-Fungible Token (NFT) Beserta Contohnya

Apa Itu Non-Fungible Token (NFT)? Pahami Hal Ini Terlebih Dahulu Sebelum Membeli NFT

Non-Fungible Token atau NFT adalah aset kriptografi di blockchain dengan memiliki kode identifikasi dan metadata yang unik untuk membedakannya satu sama lain. Tidak seperti cryptocurrency, mereka tidak dapat tergantikan.

Sebagian besar pasar NFT saat ini berpusat di sekitar barang koleksi, seperti karya seni digital. Setiap NFT memiliki nilai konstruksi yang berbeda serta memiliki potensi untuk beberapa penggunaan.

NFT menggeser paradigma kripto dengan membuat setiap token unik dan tak tergantikan, sehingga tidak memungkinkan satu token dapat dipertukarkan dengan yang lain. NFT adalah representasi digital dari aset dan telah disamakan dengan paspor digital karena setiap token berisi identitas unik yang tidak dapat dipindahtangankan untuk membedakannya dari token lainnya.  

Selain itu, NFT memiliki detail kepemilikan untuk memudahkan identifikasi dan transfer antar pemegang token. Sederhananya, Non-Fungible Token atau NFT adalah evolusi dari konsep cryptocurrency. Sistem keuangan modern yang terdiri dari sistem perdagangan dan pinjaman canggih untuk berbagai jenis aset seperti karya seni.

Berikut adalah contoh karya seni NFT:

  1. Bored Ape Yacht Club (BAYT)

Bored Ape Yacht Club atau BAYT adalah salah satu koleksi paling sukses di pasar NFT, BAYC diluncurkan pada bulan April dan terdiri dari 10.000 Kera Bosan dengan pakaian dan atribut yang berbeda. Saat ini yang termurah yang dapat Anda beli adalah 52 ETH atau setara dengan $210.000. Salah satu merek dunia yaitu, Adidas bermitra dengan BAYC untuk proyek NFT pertamanya, dan satu kera dari Klub bulan lalu menghiasi sampul majalah Rolling Stone.

BAYC adalah proyek NFT terbesar kedua dari jenis ini, hanya satu di belakang CryptoPunks.

  1. CryptoPunks

CryptoPunks adalah koleksi Non-Fungible Token (NFT) di blockchain Ethereum.  Proyek ini diluncurkan pada Juni 2017 oleh studio Larva Labs. CryptoPunks adalah kumpulan 10.000 avatar 8-bit yang dibuat pada tahun 2017 dan mendapatkan banyak nilainya karena menjadi koleksi OG NFT.  Yang biasa-biasa saja dijual sekitar 100 ETH atau setara dengan $500.000.

Sebagaimananya bentuk karya seni (art), NFT pun sulit untuk dapat dianalisa dalam jangka panjang. Jika Anda ingin membeli NFT ini, carilah bentuk NFT yang agak likuid serta dengan menggunakan uang tabungan yang tidak Anda pakai.

Sebelum membeli NFT, pastikan terlebih dahulu kalau Anda sudah memahami konsep NFT. Jangan hanya membeli NFT karena FOMO atau sekedar ikut-ikutan saja.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id