Mengapa Keberlanjutan Penting untuk Keuangan Masa Depan?

Ilustrasi integrasi dampak pembangunan di Bumi terhadap lingkungan dan manusia. Sumber: dooder di Freepik

Konsep keberlanjutan belum terlalu familiar di antara konsumen keuangan di Indonesia. Penyebabnya, kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial belum menjadi prioritas konsumen dalam memilih produk investasi karena keuntungan masih menjadi “segalanya”. Padahal, lembaga-lembaga ekonomi dan keuangan dunia mulai menyadari pentingnya keuangan berkelanjutan untuk program-program yang memperbaiki kondisi Bumi yang makin parah, seperti program zero carbon.

Apa pentingnya keberlanjutan dalam keuangan di masa depan? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Menjaga Keberlangsungan Lingkungan

Seperti dikutip dalam artikel ini, sebuah perusahaan tidak dapat memulai dan menjalankan bisnisnya tanpa didirikan di atas sebuah tanah dan mengambil sumber daya yang disediakan oleh alam. Namun, kondisi lingkungan kita sekarang sudah semakin parah, ditandai dengan terjadinya banjir-banjir besar dan kekeringan. Karena itu, pemulihan kondisi lingkungan menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) dan rencana pembangunan jangka menengah (RPJMN) 2020-2024.

Tren Program Ramah Lingkungan

Dengan adanya Paris Agreement 2030, negara-negara yang menandatangani perjanjian tersebut, termasuk Indonesia, memiliki komitmen untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kondisi iklim dan mengatasi pemanasan global.

Itulah dua alasan yang terlihat sederhana, namun menggambarkan dengan baik pentingnya keuangan berkelanjutan yang menjadi alasan Danamart menyediakan peluang pertumbuhan keuangan berkelanjutan sesuai ESG dan SDGs. Ingin menciptakan pertumbuhan keuangan sekaligus melestarikan lingkungan? Kunjungi dan klik danamart.id untuk mulai investasi kaya manfaat!


Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia yang menyediakan layanan urun dana untuk dukungan modal bisnis UMKM dan startup melalui penawaran saham dan obligasi dalam securities crowdfunding. Dengan dukungan terhadap SDGs dan tidak menentang prinsip ESG, Danamart memberikan kemudahan akses pemodalan yang aman. Selain berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Danamart juga menjamin transparansi dan keterbukaan informasi dengan memperhatikan keamanan data setiap investor. Bergabunglah dengan kami dan nikmati pertumbuhan keuangan berkelanjutan penuh manfaat!

Referensi

https://finansial.bisnis.com/read/20230428/90/1651010/opini-perbankan-sekarang-untuk-masa-depan

https://www.weforum.org/agenda/2022/01/what-is-sustainable-finance/

https://ekonomi.esaunggul.ac.id/sustainable-finance-sebagai-pendekatan-sektor-jasa-keuangan/

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id