Mengapa Faktor ESG Menjadi Penentu Investor Sebelum Berinvestasi?

Daftar isi:

  • Apa itu Environmental, Social, and Governance (ESG)?
  • Jenis – Jenis Aspek dari Environmental, Social, dan Governance (ESG)
    • Environmental
    • Social
    • Governance

Apa itu Environmental, Social, and Governance (ESG)?

Environmental, Social, and Governance atau (ESG) adalah sebuah standar untuk operasi perusahaan yang digunakan investor yang sadar akan kepentingan sosial untuk mendapatkan potensi dalam berinvestasi. Faktor lingkungan atau environmental mempertimbangkan bagaimana kinerja perusahaan namun tetap menjaga alam atau ramah lingkungan. Faktor sosial memeriksa cara perusahaan mengelola hubungan dengan karyawan, pemasok, pelanggan, dan komunitas tempat perusahaan beroperasi.  Sedangkan faktor governance berkaitan dengan kepemimpinan perusahaan, gaji eksekutif, audit, kontrol internal, dan hak pemegang saham.

Jenis – Jenis Aspek dari Environmental, Social, dan Governance (ESG)

Ada tiga bagian penting yang harus perusahaan ketahui dalam investasi ESG

Environmental

Faktor lingkungan dapat mencakup penggunaan energi perusahaan, limbah, polusi, konservasi sumber daya alam, dan perawatan hewan.  Kriteria juga dapat digunakan dalam mengevaluasi risiko lingkungan yang mungkin dihadapi perusahaan dan bagaimana perusahaan mengelola risiko tersebut.

 Misalnya, mungkin ada masalah yang terkait dengan kepemilikannya atas tanah yang terkontaminasi, pembuangan limbah berbahaya, pengelolaan emisi beracun, atau kepatuhannya terhadap peraturan lingkungan pemerintah.

Sosial

Faktor sosial melihat hubungan bisnis perusahaan. Apakah itu bekerja dengan pemasok yang memegang nilai yang sama seperti yang diklaimnya?  Apakah perusahaan menyumbangkan persentase dari keuntungannya kepada masyarakat setempat atau mendorong karyawan untuk melakukan pekerjaan sukarela di sana?  Apakah kondisi kerja perusahaan sangat memperhatikan kesehatan dan keselamatan karyawannya?  Apakah kepentingan lainnya diperhitungkan?

Para investor sebelum investasi pasti akan menanyakan pertanyaan seperti itu, oleh sebab itu Anda sebagai pemilik usaha harus mempersiapkan jawabannya.

Governance

Mengenai governance, investor mungkin ingin mengetahui bahwa perusahaan menggunakan metode akuntansi yang akurat dan transparan dan bahwa pemegang saham diizinkan untuk memberikan suara pada isu-isu penting.

Mereka mungkin juga menginginkan jaminan bahwa perusahaan menghindari konflik kepentingan dalam memilih anggota dewan, tidak menggunakan kontribusi politik untuk mendapatkan perlakuan yang terlalu menguntungkan dan tidak terlibat dalam praktik ilegal.

Tidak ada satu perusahaan pun yang dapat lulus setiap ujian di setiap faktor, jadi investor perlu memutuskan apa yang paling penting bagi mereka dan melakukan penelitian sebelum mereka me-investasikan uang mereka ke perusahaan Anda.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id