Mau Jadi Pilot? Ini 7 Sekolah Penerbangan Terbaik serta Biayanya! (1)

Sekolah pilot. Kalau mau belajar di sini, kamu bisa mendapatkan dana dari investasi menguntungkan di Danamart

Ada banyak sekolah penerbangan yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, terutama di kota-kota besar di negeri ini. Masing-masing sekolah tentu memiliki keunggulan tersendiri. Mulai dari biaya pendidikan, fasilitas pendidikan hingga peluang terserap dengan cepat di dunia kerja setelah lulus.  Para calon pilot akan ditempa dengan memperbanyak teori dan praktik, khususnya jam terbang dalam mengendalikan dan mengemudikan sebuah pesawat terbang. Danamart telah mengumpulkan beberapa sekolah terbaik yang bisa kamu pilih. 

 

7 Sekolah Pilot yang Ada di Indonesia

 

Bali International Flight Academy (BIFA)

Bali International Flight Academy (BIFA) terletak di kawasan Air Strip Desa Sumberkima, Kabupaten Buleleng, Bali. BIFA menjadi salah satu akademi pilot terbaik di Asia karena telah menggunakan fasilitas berstandar internasional. Sebagai akademi berstandar internasional, BIFA juga mengantongi beberapa sertifikasi penting untuk kurikulumnya, yaitu License 141 issued by Ministry of Transportation, Directorate General of Civil Aviation, dan ATO Operations Specification approval from CAAV (Civil Aviation Authority of Vietnam).

Biaya sekolah BIFA menurut website resminya pada tahun 2020 berkisar kurang lebih Rp920 juta. Selama 18 bulan bersekolah, calon pilot akan memperoleh jam terbang dengan total 160 jam dengan berlatih di Bandara Lt. Col Wisnu di Buleleng, Tjilik Ruwut Airport di Palangkaraya, dan Banyuwangi Airport di Banyuwangi. Tak heran jika calon peserta didik harus menempuh seleksi ketat untuk dapat lolos masuk ke BIFA. Lulusan pilot dari BIFA dapat diterima di berbagai maskapai ternama, seperti Air Asia, Sriwijaya Air, Citilink, Lion Group dan Garuda Indonesia.

 

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug (STPI Curug)

Pada tahun 2015, sekolah penerbangan STPI Curug bernama Akademi Penerbangan Indonesia (API). Kemudian API berkembang dan terkenal dengan sebutan STPI. Namun di tahun 2019, STPI berubah nama menjadi Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI). PPI tidak hanya sekolah untuk calon pilot saja, namun ada beberapa kursus yang dapat diambil selain pilot, yakni Teknik Pesawat Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Listrik Bandara, Operasi Bandar Udara, Pertolongan Kecelakaan Pesawat, Penerangan Aeronautika, dan lainnya. 

Biaya pendaftaran sekolah Penerbangan Curug berkisar Rp5 juta. Namun untuk biaya akademi persemesternya berbeda-beda tergantung bidang dan tingkatan yang diambil. Rata-rata biaya per semester sekolah penerbangan Curug berkisar 12 juta – 77 juta / semester. Namun ada juga jika ingin mengikuti non diploma biaya yang dikeluarkan  berkisar Rp 100 juta hingga Rp 350 juta per fase.

 

Bandung Pilot Academy

Bandung Pilot Academy (BPA) merupakan lembaga pendidikan pilot Profesional yang berlokasi di kota Bandung yang didirikan pada tahun 2008. Para siswa BPA akan belajar sesuai dengan perkembangan teknologi, mulai dari Computer Pilot Training (CPT), Computer Flight Training Devices, Full Flight Simulator Cessna 172 SP G.1000 yang telah disertifikasi oleh FAA, pesawat latih yang menggunakan C172S-SP (Single Engine) dan P2006T (Multi Engine) yang telah mengadopsi teknologi Glass Cockpit.
Biaya pendidikan sekolah penerbangan di Bandung Pilot Academy tergantung pada program yang diambil. Dilansir dari website resminya, biaya pendidikan dimulai dari Rp770 juta hingga Rp865 juta dengan waktu menempuh pendidikan selama 12 bulan. Selain itu, para siswa akan melatih keterampilan mengemudi di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Cianjur, Sulaiman, dan Majalaya Area.

 

Aero Flyer Institute

Aero Flyer Institute berdiri di bawah naungan maskapai penerbangan Batavia Air. Aero Flyer Institute menyediakan pelatihan untuk mendapatkan lisensi seperti Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot Licence (CPL), Multi Engine (ME), dan Instrument Rated (IR). Aero Flyer Institute menjadi salah satu sekolah pilot terbaik dengan fasilitas terbaik di Indonesia dan memiliki 11 unit pesawat latih jenis Cessna 150, Cessna 172, Piper Seneca II, fasilitas Simulator penerbangan (Redbird FMX, Frasca 141, dan Frasca 142), ruang laboratorium dan kelas, serta Perpustakaan penerbangan yang dapat digunakan para siswanya.

Para peserta didik akan menjalani pelatihan di berbagai bandara nasional seperti Bandar Udara Cakrabhuwana, (WICD), Cirebon, Bandara Budiarto, Curug, dan Bandara Cakrabhuwana, Cirebon. Biaya untuk bersekolah di Aero Flyer Institute kurang lebih sekitar Rp882.000.000 dengan biaya registrasi awal sebesar Rp12.500.000. Peserta didik nantinya memiliki jumlah jam terbang sebesar 180 jam atau selama 2 tahun. 

 

Eagle Air Academy

Eagle Air Academy berbeda dengan sekolah pilot lainnya. di Eagle Air Academy, peserta didik dapat memilih pelatihan jam terbang dari 150 – 200 jam dengan durasi pelatihan 10-12 bulan.. Mereka akan dilatih secara khusus untuk mengasah skills mengendalikan dan mengemudi sebuah maskapai. Persyaratan untuk mendaftar ke Eagle Air Academy cukup mudah yakni, Semua orang yang memiliki: $40.000 USD (Rp 608,2 juta) + Umur di atas 18 thn + bisa berbahasa Inggris di level dasar (basic). 

 

Flybest Flight Academy

FlyBest Flight Academy merupakan akademi milik PT Aviasi Solusi Prima, salah satu perusahaan swasta nasional Indonesia yang berlokasi di Bandara Hang Nadim, Batam. Program pendidikan di Flybest Flight Academy memakai kurikulum yang disetujui Federal Aviation Administration (FAA) yang telah disesuaikan dengan kebutuhan situasi Indonesia dan disetujui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia.

Biaya pelatihan untuk para calon pilot FlyBest Flight Academy sekitar Rp945 juta dengan masa pelatihan 14 bulan dan jam terbang selama kurang lebih 155 jam. Calon pilot diberikan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan pelatihan penerbangan seperti 4 unit aircraft dan didampingi oleh 6 instruktur asing yang berpengalaman.

 

Investasi Danamart untuk Dana Sekolah

Bercita-cita menjadi pilot memang tidaklah murah, butuh biaya yang lebih mahal dibandingkan memasuki universitas pilihan. Namun, jangan sampai biaya mengubur impianmu! Yuk, kumpulkan dananya dengan investasi menguntungkan Danamart dengan imbal hasil sampai dengan 18% per tahun di sini!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id