Manfaat Berinvestasi dan Efeknya Bagi Kehidupan

Dengan melakukan investasi dapat membantu anda mencapai impian finansial jangka panjang anda.

Mengenai Risiko

Nilai investasi anda bisa turun dan juga naik, dan anda mungkin tidak mendapatkan kembali apa yang telah anda investasikan seperti semula.  Jika anda ragu tentang produk investasi mana yang tepat untuk anda, silakan hubungi penasihat keuangan anda.

 Portofolio investasi dapat membantu anda mencapai impian finansial jangka panjang anda.  Misalnya, membangun sebuah usaha untuk masa pensiun anda, melunasi hutang anda lebih awal, atau membayar biaya kuliah untuk anak-anak anda.

Meskipun rekening tabungan menawarkan akses mudah dan keamanan modal yang terjamin, namun pengembaliannya bisa kecil.  Berinvestasi di pasar saham dapat memberikan pengembalian yang lebih kuat dalam jangka panjang, tetapi dengan tingkat risiko yang lebih tinggi.

  •  Potensi Pengembalian Jangka Panjang

 Meskipun uang tunai tidak diragukan lagi lebih aman daripada saham, namun tu tidak mungkin akan bertambah lebih banyak, atau menemukan peluang untuk bertambah dalam jangka panjang.

 Di masa lalu, investor telah menemukan imbalan dalam jangka panjang dengan investasi yang datang dengan tingkat risiko modal.  Itu berarti risiko bahwa anda mungkin kehilangan sebagian atau seluruh jumlah yang awalnya anda investasikan.  Tentu saja, penghargaan ini tidak dijamin.

 Volatilitas di pasar saham, ketika harga saham berubah dengan cepat dalam waktu singkat, tidak selalu merupakan hal yang buruk.  Faktanya, volatilitas terkadang dapat menawarkan manajer investasi kesempatan untuk membeli saham yang menarik dengan harga yang lebih murah dan mendapatkan pengembalian yang lebih baik dalam jangka panjang.

  •  Mengungguli Inflasi

 Agar tabungan anda tumbuh secara riil dari waktu ke waktu, mereka perlu mendapatkan tingkat pengembalian setelah pajak yang lebih besar dari tingkat inflasi.

 Dengan suku bunga rendah saat ini, mungkin sulit untuk menemukan rekening tabungan yang dapat memberi anda pengembalian di atas tingkat inflasi saat ini.  Jadi ada baiknya mempertimbangkan investasi yang berpotensi mengungguli inflasi.

  • Memberikan Penghasilan Tetap

 Jika anda sudah pensiun atau mendekati masa pensiun, anda mungkin akan mencari sesuatu yang dapat memberi anda penghasilan tetap untuk menutupi biaya hidup sehari-hari.

 Ada berbagai investasi, termasuk ekuitas, obligasi, dan properti, yang dapat memberi anda penghasilan tetap yang seringkali lebih tinggi daripada tingkat inflasi.

  •  Sesuaikan Dengan Kebutuhan 

 Anda atau konsultan keuangan anda dapat merancang portofolio investasi anda untuk mencapai berbagai tujuan anda. Anda mungkin lebih memilih opsi yang kurang berisiko seiring bertambahnya usia.  Dengan perencanaan yang matang, anda dapat menyesuaikan portofolio anda untuk mencerminkan tujuan dan prioritas anda yang berubah.

 Jika anda berencana untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang lama, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam dana yang memiliki potensi pertumbuhan, sektor berisiko seperti pasar negara berkembang, atau ekuitas swasta di mana tabungan anda dapat mengatasi perubahan pasar jangka pendek.  Jika anda mendekati masa pensiun, anda mungkin ingin berinvestasi pada opsi yang lebih berfokus pada pendapatan.

Itulah beberapa manfaat berinvestasi dan efeknya bagi kehidupan untuk jangka waktu yang panjang.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id