Ketahui Manfaat Perusahaan Sediakan Pinjaman Karyawan

Kebutuhan hidup selalu bertambah karena setiap orang selalu memiliki keperluan yang tak ada batasnya. Terkadang beberapa keperluan tiba-tiba datang tanpa rencana sehingga mengharuskan untuk mengeluarkan budget (biaya) lebih. Bagi para pekerja, kebutuhan dapat diatasi dengan adanya akses pinjaman dari perusahaan tempat bekerja.

Pada umumnya aturan fasilitas pinjaman karyawan diatur dalam perjanjian kerja bersama maupun peraturan perusahaan. Nyatanya tidak semua perusahaan mau dan mampu memberikan berbagai akses pinjaman untuk karyawan. Lalu apa sebenarnya manfaat jika perusahaan menyediakan pinjaman karyawan?

sumber foto: Unsplash.com/bantersnaps
  1. Sebagai strategi retensi karyawan

Saat karyawan mengajukan pinjaman karyawan, karyawan akan terikat dengan jangka waktu pembayaran pinjaman. Hal ini menjadi salah satu strategi perusahaan untuk retensi karyawan sehingga tidak ada karyawan yang mengundurkan diri secara mendadak. Retensi karyawan merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mempertahankan karyawan terbaiknya agar tidak mengundurkan diri dari perusahaan.

2. Menjaga turn over perusahaan

Rendahnya turnover karyawan atau pengunduran diri karyawan dapat mengurangi beban personalia perusahaan. Human Resource (HR) tidak perlu mengeluarkan biaya rekrutmen dan training baru untuk karyawan baru sehingga perusahaan bisa mengalihkan biaya rekrutmen untuk keperluan yang lebih mendesak.


3. Meningkatkan produktivitas karyawan

Setiap karyawan memiliki kebutuhan beragam, tidak menutup kemungkinan suatu waktu gaji dan tunjangan saja tidak dapat memenuhi kebutuhan para karyawan. Namun apabila perusahaan menunjukan dukungan dan kepedulian terhadap kesejahteraan karyawan dengan disediakannya fasilitas pinjaman di perusahaan, para karyawan yang tercukupi kebutuhannya akan lebih fokus bekerja tanpa memikirkan permasalahan biaya. Produktivitas kerja  juga akan lebih meningkat. 

4. Menumbuhkan Loyalitas karyawan

Bagi karyawan yang terbantu dengan adanya pinjaman perusahaan, karyawan akan merasa kebutuhannya telah tercukupi. Selain itu karyawan akan merasa berhutang budi sehingga mereka akan merasa loyal dan tidak tertarik untuk pindah ke perusahaan lain. Tentunya karyawan akan berpikir belum tentu perusahaan lain akan memberikan fasilitas pinjaman yang sama seperti tempat perusahaannya sekarang.

5. Meningkatkan kesehatan keuangan perusahaan

Meskipun membutuhkan dana besar untuk menyediakan pinjaman karyawan, sebenarnya pemberian pinjaman karyawan dapat menyehatkan keuangan perusahaan. Uang yang hanya mengendap sebagai simpanan dapat diputar untuk mendapatkan keuntungan sehingga perputaran uang tetap terjaga dan kondisi keuangan perusahaan menjadi stabil. Manfaat juga terasa di kedua belah pihak, bagi perusahaan dan bagi para karyawan.

Kesulitan perusahaan dalam menyediakan fitur pinjaman karyawan biasanya yakni tidak memiliki cukup waktu dan energi untuk membangun sistem akses pinjaman. Namun kesulitan tersebut dapat diatasi dengan menggandeng financial technology atau fintech seperti Danamart yang menyediakan berbagai layanan peminjaman pembiayaan untuk semua lapisan masyarakat. 

Danamart menyediakan Kredit Karyawan dan menggandeng koperasi ataupun perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pinjaman karyawan tanpa perlu menyediakan kas yang besar. Kredit Karyawan yang ditawarkan dapat berbentuk dana tunai maupun kredit elektronik. Untuk mengajukan Kredit Karyawan persyaratannya cukup mudah, perusahaan harus menyertakan dokumen legalitas, laporan keuangan minimal 3 tahun terakhir, serta rekening koran 6 bulan terakhir.

Ajukan kredit karyawan di sini.

Contact langsung dengan kami untuk mengetahui kredit karyawan Danamart.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id