Investasi ESG Menjadi Perhatian Saat Pandemi

Daftar Isi:

  • Apa itu ESG?
  • Bagaimana Perkembangan Indeks Saham ESG?

Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh belahan dunia telah memicu krisis ekonomi yang sifatnya extraordinary. Namun, pandemi telah meningkatkan kesadaran akan penerapan aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG) atau lingkungan, sosial, dan tata kelola sehingga investasi berkelanjutan menjadi lebih diminati.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan, berdasarkan studi Fidelity International, kinerja saham dan peringkat ESG perusahaan mempunyai hubungan yang positif, bahkan di masa pandemi seperti saat ini.

Apa itu ESG?

Environmental Social Governance atau biasa disingkat sebagai ESG adalah tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan yang memiliki peran penting dalam dunia bisnis saat ini. Di dalam ESG ini mengukur keberlanjutan dan dampak sosial dari investasi di perusahaan atau bisnis di masa depan.

Di zaman sekarang, kecerdasan dalam bisnis dengan ESG mindset yang benar dan perlu disosialisasikan agar semua orang semakin sadar dan bisa memberdayakan masyarakat.

Dengan mengedepankan ESG, menurutnya, maka akan mampu bisa menghasilkan produk-produk yang baik untuk semua pihak. Di dalamnya, juga perlu penggunaan teknologi yang tepat agar pengembangan ini ke depan tidak salah arah.

Bagaimana Perkembangan Indeks Saham ESG?

Indeks saham ESG juga berkembang pesat. Investor yang tidak memiliki sumber daya di bidang ESG atau memutuskan untuk melakukan investasi ESG secara pasif/sistematik biasanya menggunakan indeks ESG sebagai acuan. Indeks ESG juga digunakan oleh investor yang aktif sebagai acuan dalam menyusun portofolio dan membandingkan kinerja investasi mereka. Sebagian besar indeks ESG menggunakan strategi nomor satu dan/atau strategi dua.  Beberapa indeks ESG juga tersedia untuk strategi nomor empat (sustainability theme investment.

Itulah penjelasan mengenai sistem Investasi ESG, bagi Anda yang sudah berencana ingin investasi pada bidang ESG ini, Anda telah membantu memajukan bisnis ramah lingkungan di Indonesia.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

OECD
Akan Seperti Apa Investasi di Indonesia, Jika Indonesia Menjadi Anggota OECD?
Kampus-Vokasi-UI_814A2655-800x533_c
Warga Jabodetabek, Yuk Belajar Investasi di Acara Vokasi UI!
travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

OECD
Kampus-Vokasi-UI_814A2655-800x533_c
travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id