Mengenal Investasi Alternatif, Cara Baru Investasi untuk Tambah Cuan

Banner securities crowdfunding Danamart, investasi digital terpercaya dan berkelanjutan.
Securities Crowdfunding Danamart, Investasi Alternatif Berizin OJK

Kita semua tentu mengenal istilah ‘pengobatan alternatif’, yaitu metode pengobatan penyakit di luar pengobatan modern yang biasa ditangani oleh dokter dan tenaga medis lainnya di klinik dan rumah sakit. Namun, sepertinya, ‘investasi alternatif’ masih asing di antara masyarakat, termasuk para Investor. Meski begitu, investasi ini memiliki prospek yang menjanjikan dan layak untuk dicoba karena pertumbuhan industrinya yang diperkirakan mencapai 59% pada 2023 dengan dana kelolaan yang tidak kecil, yaitu 14 triliun dolar AS. Ingin tahu apa itu investasi alternatif, tujuan investasi alternatif, beserta jenis-jenis produk atau instrumennya? Yuk, simak ulasan dari Danamart di bawah ini!

 

Pengertian Investasi Alternatif

Investasi alternatif adalah membeli dan memiliki aset untuk pertumbuhan uang di luar pasar modal dan pasar uang pada umumnya. Pada dasarnya, investasi ini juga memberikan manfaat pertumbuhan uang dan jumlah aset dengan memilikinya, seperti instrumen investasi yang sudah umum dikenal dan dimiliki (saham, obligasi, reksadana, dll). Namun, perbedaannya, instrumen investasi alternatif tidak diperdagangkan di jenis-jenis pasar yang telah disebutkan, tetapi secara mandiri di masing-masing platform penyedianya. 

 

Tujuan Investasi Alternatif

Biasanya, investasi ini dilakukan untuk meminimalisir risiko. Karena instrumen-instrumennya tidak diperdagangkan di pasar modal dan pasar uang umum (konvensional), nilai investasi alternatif tidak tergantung dari kondisi pasar-pasar tersebut yang sangat dipengaruhi kondisi ekonomi makro atau ekonomi dalam dan luar negeri. Maka, ketika terjadi inflasi atau gejolak ekonomi lain, kepemilikan investasi alternatif dapat “menyelamatkan” nilai aset kita.

 

Jenis Instrumen Investasi Alternatif

 

Emas

Emas adalah salah satu jenis logam mulia yang biasanya ditempa dan dibentuk menjadi berbagai perhiasan. Ada beberapa bentuk investasi emas yang bisa kamu lirik, yaitu emas batangan, tabungan emas, dan perhiasan emas. Investasi emas telah digemari sejak lama karena kelebihannya, yaitu mudah untuk dicairkan dan nilainya tidak terpengaruh naik-turunnya tingkat inflasi dan suku bunga.

 

Properti

Merupakan cara mendapatkan pertumbuhan uang dengan memiliki properti yang dapat dijual atau dimanfaatkan untuk kegiatan usaha, seperti disewakan untuk kantor, toko, dan sebagainya. Investasi ini juga banyak dilirik sejak lama karena harga properti yang cenderung meningkat tiap tahunnya, apalagi jika properti berada di kawasan strategis.

 

Karya Seni

Berbeda dari dua instrumen sebelumnya, Investor karya seni mencoba meraih potensi untungnya dengan membeli dan memiliki benda-benda bernilai seni tinggi, seperti patung dan lukisan. Pertumbuhan uang dengan cara ini didapat dari selisih harga jual dan harga beli benda yang diperoleh ketika menjualnya. Karena aksesnya yang tidak banyak diketahui orang, investasi karya seni tidak terlalu umum. Namun demikian, investasi karya seni tetap layak dicoba karena fungsinya sebagai penambah keindahan sekaligus sumber uang potensial.

 

Securities Crowdfunding

Securities crowdfunding adalah penanaman uang untuk mendukung modal usaha atau proyek, yang keuntungannya didapat dari kepemilikan efek yang ditawarkan, seperti saham dan obligasi. Meskipun tergolong baru, investasi ini dapat dikatakan terpercaya karena memiliki payung hukum, yaitu POJK 57/2020 dengan potensi keuntungan yang kompetitif.

 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa investasi alternatif adalah instrumen pertumbuhan uang yang nilainya tidak tergantung dari cara kerja pasar modal dan pasar uang, serta dapat digunakan untuk melindungi nilai kekayaan dari gejolak pasar investasi, bahkan menjadi sumber penghasilan rutin dengan dikomersilkan (disewakan/dijual).

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemilhan Instrumen Investasi Alternatif

Pastikan bahwa produk yang kamu pilih mempunyai potensi keuntungan yang sesuai dengan target keuangan di masa depan, serta dapat diandalkan untuk investasi secara berkelanjutan. Di Danamart, ada berbagai penawaran investasi dengan keuntungan hingga 18% per tahun dan potensi keberlanjutan bisnis dengan penerapan konsep ESG. Yuk, pelajari selengkapnya dan mulai pertumbuhan uang yang lebih baik di sini!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id