Introduction to Securities Crowdfunding (SCF)

Berita pemberian izin OJK kepada Danamart kepada media-media online. Sejak Februari 2023, izin OJK telah didapatkan Danamart sebagai penyelenggara investasi securities crowdfunding.
Danamart, Investasi Securities Crowdfunding Berbasis ESG

Awal tahun 2021, Presiden RI Joko Widodo secara resmi meluncurkan securities crowdfunding dalam pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia pada Januari 2021. Sebelumnya, pada tahun 2020, peraturan yang mengatur penyelenggaraan industri ini dan melindungi hak-hak para penggunanya juga telah diterbitkan, yaitu POJK 57/2020.

 

Apa Itu Securities Crowdfunding?

SCF merupakan  penawaran efek melalui layanan urun dana berbasis teknologi, di mana skema pembiayaannya berupa penggalangan dana di pasar modal sebagai alternatif pembiayaan untuk menjadi solusi pembiayaan bagi UKM / start-up dan juga yayasan pendidikan. Pemodal dapat membeli dan mendapatkan bukti kepemilikan perusahaan berupa saham, obligasi, atau sukuk dari UKM / start-up, dan yayasan tersebut.

 

Kelebihan Securities Crowdfunding

Selain bertujuan untuk mengembangkan UKM / start-up dan juga yayasan di Indonesia, SCF juga hadir sebagai penyempurna dari sistem investasi sebelumnya yaitu equity crowdfunding. Adanya perkembangan investasi crowdfunding di Indonesia menjadikan adanya penyempurnaan melalui pembaruan dalam sistem investasi urun dana dari OJK. Pembaruan ini berupa hadirnya keberagaman pendanaan kepada bisnis dengan cakupan yang lebih luas. Jika pada equity crowdfunding badan hukum yang menjadi penerbit hanya dikhususkan bagi perusahaan yang berbentuk PT (Perseroan Terbatas), pada securities crowdfunding, CV, firma, dan yayasan juga dapat melakukan urun dana. 

Lebih jauh lagi, pembaruan juga muncul dari segi efek yang ditawarkan untuk pebisnis dalam melakukan pengembangan usaha mereka. Pada equity crowdfunding efek yang ditawarkan hanya berupa saham, sedangkan dalam securities crowdfunding efek yang ditawarkan bisa berupa saham, saham syariah, obligasi, dan sukuk sehingga memberikan pilihan alternatif pembiayaan yang lebih beragam bagi pemodal.

 

Menghadirkan Peluang Investasi Menguntungkan Secara Digital

Dengan kemudahan yang sudah diberikan, mari kita bersama-sama memaksimalkan penggunaannya untuk kesejahteraan bersama. UKM dan Yayasan pendidikan dapat terbantu, pemodal juga bisa mendapatkan passive income. Dengan pelayanan tanpa tatap muka atau berbasis digital tentunya sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. 

 

Bagaimana? Sudah tahu kan apa itu securities crowdfunding, semoga informasi ini dapat menjawab kebingungan dan rasa ingin tahu teman-teman ya! Pelajari info selengkapnya di website Danamart.

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di danamart.id!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

perlindungan sistem
Perlindungan Pemodal Securities Crowdfunding
tumpukan balok kayu yang membentuk susunan tangga, kaca pembesar, dan panah merah ke atas yang menggambarkan pemilihan cermat peluang investasi agar meraih untung
Dua Industri yang Berprospek Cerah di 2024, Bisa Jadi Pilihan Investasi di 2024!
huruf R, I, S, dan K yang membentuk kata 'risk'. bahasa Inggrisnya 'risiko'
Risiko Penggunaan Teknologi Keuangan & Cara Menyikapinya
Gambar warna merah dengan elemen angpao, berisi informasi promo investasi dari Danamart
Promo Spesial Imlek dari Danamart: Investasi Ekstra Cuan!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

perlindungan sistem
tumpukan balok kayu yang membentuk susunan tangga, kaca pembesar, dan panah merah ke atas yang menggambarkan pemilihan cermat peluang investasi agar meraih untung
huruf R, I, S, dan K yang membentuk kata 'risk'. bahasa Inggrisnya 'risiko'
Gambar warna merah dengan elemen angpao, berisi informasi promo investasi dari Danamart

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id