Introduction of Crowdfunding Investment

Apa itu Crowdfunding Investment?

Apakah Anda pernah mendengar tentang crowdfunding. Crowdfunding adalah sarana untuk mengumpulkan dana untuk proyek dari beberapa pengusaha seringkali melalui platform berbasis internet.

Fokus Danamart adalah pada crowdfunding yang melibatkan investasi, berbeda dengan donasi, imbalan non-moneter, atau perjanjian pinjaman. Crowdfunding berfokus kepada model bisnis terus berkembang cenderung masih baru.

Dalam crowdfunding berbasis investasi, berbagai struktur operasional yang berbeda digunakan sehingga tidak mudah untuk menyatukan platform crowdfunding dengan investasi reksa dana lainnya.

Jenis – Jenis Crowdfunding

Meskipun ada empat jenis crowdfunding, masing-masing menerima uang dari donor yang berminat.  Berikut uraian masing-masing:

 Donasi: Urun dana berbasis donasi adalah saat orang memberikan uang kepada kampanye, perusahaan, atau orang tanpa imbalan.  Katakanlah Anda membuat kampanye crowdfunding untuk membeli peralatan baru untuk perusahaan Anda.  Orang-orang yang memberi Anda uang melakukannya karena dukungan untuk pertumbuhan bisnis Anda dan tidak ada yang lain.

Utang: Urun dana berbasis utang adalah pinjaman peer-to-peer (P2P), yang merupakan bentuk crowdfunding. Dalam donasi berbasis hutang, uang yang dijaminkan oleh pendukung adalah pinjaman dan harus dilunasi dengan bunga dengan batas waktu tertentu.

Reward: Ini adalah saat donatur menerima sesuatu sebagai imbalan atas donasi mereka.  Imbalan bervariasi menurut ukuran donasi, yang mendorong kontribusi yang lebih tinggi.  Berdasarkan berapa banyak uang yang diberikan peserta untuk kampanye, mereka mungkin menerima T-shirt, produk atau layanan – seringkali dengan harga diskon.

Equity: Meskipun beberapa kampanye crowdfunding tidak mengizinkan pendukung untuk memiliki sebagian saham dari perusahaan yang mereka invest, crowdfunding berbasis ekuitas memungkinkan bisnis kecil dan startup untuk memberikan sebagian dari bisnis mereka sebagai imbalan atas pendanaan. Sumbangan ini adalah jenis investasi, di mana peserta menerima bagian dalam bisnis berdasarkan berapa banyak uang yang mereka sumbangkan.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id