Inilah Jenis Jenis Risiko Dalam Berinvestasi Yang Perlu Diketahui

Jenis Risiko Investasi Yang Perlu Diketahui

Risiko dalam berinvestasi mungkin pernah dialami beberapa orang yang sudah terjun ke dunia investasi. Semua hal yang menyangkut investasi pastinya memiliki risiko tersendiri. Berikut beberapa jenis risiko dalam berinvestasi.

1. Risiko Pasar

Risiko penurunan nilai investasi karena perkembangan ekonomi atau peristiwa lain yang mempengaruhi seluruh pasar.  Jenis utama risiko pasar adalah risiko ekuitas, risiko suku bunga, dan risiko mata uang.

Risiko Ekuitas: berlaku untuk investasi dalam saham.  Harga pasar saham bervariasi sepanjang waktu bergantung pada permintaan dan penawaran.  Risiko ekuitas adalah risiko kerugian karena turunnya harga pasar saham.

Risiko Suku Bunga: berlaku untuk investasi utang seperti obligasi.  Ini adalah risiko kehilangan uang karena perubahan tingkat bunga.  Misalnya, jika tingkat bunga naik, nilai pasar obligasi akan turun.

Risiko Mata Uang: berlaku jika Anda memiliki investasi asing.  Ini adalah risiko kehilangan uang karena pergerakan nilai tukar.  Misalnya, jika dolar AS menjadi kurang berharga dibandingkan dolar Kanada, saham AS Anda akan bernilai lebih rendah dalam dolar Kanada.

 2. Risiko Likuiditas

 Risiko tidak dapat menjual investasi Anda dengan harga yang wajar dan mengeluarkan uang Anda saat Anda menginginkannya.  Untuk menjual investasi, Anda mungkin perlu menerima harga yang lebih rendah.  Dalam beberapa kasus, seperti investasi pasar yang dikecualikan, penjualan investasi mungkin tidak dapat dilakukan sama sekali.

4. Risiko Kredit

Risiko bahwa entitas pemerintah atau perusahaan yang menerbitkan obligasi akan mengalami kesulitan keuangan dan tidak dapat membayar bunga atau membayar kembali pokok pada saat jatuh tempo.  Risiko kredit berlaku untuk investasi utang seperti obligasi.  Anda dapat mengevaluasi risiko kredit dengan melihat peringkat kredit obligasi.  

5. Risiko Reinvestasi

Risiko kerugian dari menginvestasikan kembali pokok atau pendapatan pada tingkat bunga yang lebih rendah. Risiko reinvestasi tidak akan berlaku jika anda berniat untuk membelanjakan pembayaran bunga reguler atau pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

6. Risiko Inflasi

Risiko hilangnya daya beli Anda karena nilai investasi anda tidak mengikuti inflasi. Inflasi mengikis daya beli uang dari waktu ke waktu – jumlah uang yang sama akan membeli lebih sedikit barang dan jasa.  Risiko inflasi sangat relevan jika Anda memiliki uang tunai atau investasi utang seperti obligasi.  Saham menawarkan perlindungan terhadap inflasi karena sebagian besar perusahaan dapat menaikkan harga yang mereka tetapkan kepada pelanggan mereka.  Oleh karena itu, harga saham harus naik sejalan dengan inflasi.  Real estate juga menawarkan beberapa perlindungan karena pemilik dapat meningkatkan harga sewa dari waktu ke waktu.

7. Risiko Cakrawala

 Risiko bahwa cakrawala investasi Anda dapat dipersingkat karena peristiwa yang tidak terduga, misalnya, kehilangan pekerjaan.  Ini mungkin memaksa Anda untuk menjual investasi yang Anda harapkan akan bertahan untuk jangka panjang.  Jika Anda harus menjual pada saat pasar sedang turun, Anda mungkin kehilangan uang.

8. Risiko Umur Panjang

Risiko hidup lebih lama dari tabungan Anda.  Risiko ini sangat relevan bagi orang yang sudah pensiun, atau hampir pensiun.

9. Risiko Investasi Asing

Risiko kerugian saat berinvestasi di luar negeri.  Ketika Anda membeli investasi asing, misalnya, saham perusahaan di pasar negara berkembang, Anda menghadapi risiko yang tidak ada di Kanada, misalnya, risiko nasionalisasi.

Itulah berbagai jenis risiko perlu dipertimbangkan pada berbagai tahap investasi dan untuk tujuan yang berbeda.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id