Industri Yang Mendukung Pertumbuhan Indonesia

Ilustrasi industri berkelanjutan yang didukung oleh investasi online dari securities crowdfunding Danamart
Foto oleh Freepik

Potensi Ekonomi dan Industri Indonesia

Kini, ekonomi negara kita dinilai punya potensi untuk masuk ke daftar 10 besar pertumbuhan ekonomi dunia. Selain itu, saat ini, negara kita sedang perlahan-lahan mengembangkan spesialisasi industrinya dari tambang ke manufaktur. Merujuk pada informasi di website “Portal Indonesia”, industri manufaktur menjadi penopang utama pada triwulan-I 2023 dengan kontribusi 16,77% dari keseluruhan PDB Indonesia, setingkat di bawah industri makanan dan minuman dengan kontribusi 38,6%. Investasi di industri manufaktur pun tidak kalah menarik dengan peraihan Rp 270,3 triliun selama enam bulan pertama di 2023. Sebenarnya, industri apa sajakah yang menopang ekonomi negara kita? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Industri Penopang Ekonomi Indonesia

Manufaktur

Mendekati periode akhir orde baru pada pembangunan lima tahun keempat dan kelima, sebenarnya industri manufaktur sudah bertumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan Indonesia, selain sektor barang tambang. 

Akan tetapi, pentingnya manufaktur bagi Indonesia semakin terasa sejak krisis ekonomi Asia pada tahun 1998. Fenomena tersebut sangat berimbas langsung terhadap pertumbuhan Indonesia dimana pada saat itu angka inflasi sampai menyentuh diatas 20% dan pelemahan Indonesia Rupiah terhadap Dollar Amerika sampai dengan 600% atau pada level Rp17.500. Tidak hanya itu, tetapi Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan negatif ekonomi negatif, yakni -13,3% untuk PDB. Akibatnya, banyak perbankan dan industri manufaktur di Indonesia yang gulung tikar. Pada saat itu, banyak sekali barang modal di Indonesia terkena likuidasi dan bahkan dana modal keluar dari Indonesia.

 

Setelah krisis Asia tahun 1998 dan krisis dunia pada tahun 2008, ekonomi Indonesia ternyata terus bertumbuh. Namun, kontribusi pertumbuhan tersebut tetap didominasi oleh sektor perdagangan dan migas karena trauma pengusaha dan investor di Indonesia untuk kembali fokus pada manufaktur, ditambah dengan tingginya biaya produksi di Indonesia.

 

Melihat hal ini, semenjak tahun 2010, pemerintah Indonesia lebih menggalakkan pembangunan infrastruktur dan mempermudah kebijakan investasi terutama kepada investasi pada industri manufaktur. Maka, sejak 2014 sampai dengan 2019, industri manufaktur di Indonesia telah bertumbuh sebesar 44,59% atau sebesar Rp 54 triliun. Tidak dapat disangkal bahwa peningkatan populasi di Indonesia juga mendukung potensi ekonomi yang telah disebutkan.

Teknologi Informasi

Sektor digital turut menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan jumlah pengguna internet sebesar 170 juta jiwa dari 270 juta penduduk, industri teknologi informasi semakin mudah untuk berkembang. Terlebih, selama masa pandemi, pergerakan ekonomi Indonesia yang sempat melambat dapat terus berjalan karena bantuan teknologi. Bahkan, industri ini juga turut mendukung sektor manufaktur dengan dukungan distribusi barang yang mampu menjangkau hingga ke pelosok negeri. 

Di Asia Tenggara, per 2021, nilai ekonomi digital telah mencapai 174 miliar dolar dan diprediksi akan meroket ke 1 triliun pada 2030. Sebagai negara dengan populasi dan populasi pengguna internet terbanyak di Indonesia, masa depan industri teknologi informasi di Indonesia dapat terbilang menjanjikan.

Peluang Investasi Penopang Negara di Danamart

Sebagai pendukung ekonomi berkelanjutan berdasarkan prinsip ESG dan SDGs, Danamart mendukung penuh perkembangan industri yang menggerakkan pembangunan Indonesia, terutama jika berdampak positif. Dukungan ini diberikan dengan penyediaan peluang investasi untuk mendorong pengembangan bisnis-bisnis di industri tersebut dengan securities crowdfunding. Gabung sekarang dan temukan peluang pilihanmu di https://danamart.id!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id