I Made Janur Yasa dari Bali, Pendiri Plastic Exchange, Dinominasikan Sebagai Top 10 CNN Hero of 2021

I Made Janur Yasa Masuk Ke Dalam Nominasi CNN Hero of The Year

Berita inspiratif dan positif telah datang untuk Bali pada akhir Oktober 2021 dengan CNN mengumumkan bahwa I Made Janur Yasa, pendiri Bali Plastic Exchange, telah dinominasikan sebagai salah satu dari 10 Pahlawan CNN Terbaik tahun 2021.

Dalam satu setengah tahun pandemi terus berlanjut, ekonomi pariwisata Bali yang hampir hancur telah memiliki dampak finansial dan sosial yang luas pada populasi penduduk.  Namun, selama masa-masa sulit seperti ini masih banyak orang-orang baik yang telah melangkah untuk mendukung dan membantu komunitas yang rentan, bahkan ketika mereka menghadapi kesulitan mereka sendiri. Mulai dari sumbangan makanan hingga program pendidikan dilakukan oleh mereka.

Satu inisiatif kreatif mengubah dinamika. I Made Janur Yasa adalah seorang pemilik restoran, mitra dari restoran vegan unik Moksa di Ubud.  Pada Mei 2020, saat Bali berada di tengah pandemi, Janur Yasa memulai program yang disebut Plastic For Rice, ini sistem barter yang mendorong penduduk setempat untuk menukarkan plastik yang dikumpulkan dengan beras. Dia mengatakan bahwa dia ingat bagaimana penduduk desa antusias melakukan gerakan Plastic For Rice ini.  Dia mengatakan bahwa ini memberi semangat kepada orang-orang, memastikan bahwa orang tidak terbiasa menerima tanpa bekerja.

 Melalui sistem Plastic For Rice, Janur memberikan solusi ganda: membersihkan plastik yang berserakan di lingkungan serta memberikan rezeki yang sangat dibutuhkan kepada mereka yang membutuhkan, terutama di daerah pedesaan.

Program ini dimulai di Banjar Jangkahan dan Banjar Penulisan, Desa Batu Aji, Tabanan, kabupaten asal Janur. Tiga bulan kemudian, Plastic for Rice berubah nama menjadi Plastik Exchange.  Saat itu, sebagaimana diberitakan pada Agustus 2020, gerakan tersebut telah menyebar ke 44 kabupaten dan 1.345 kepala keluarga.

 Namun di luar itu, ia telah berkembang melampaui ‘sistem’ sederhana, dan menjadi sebuah gerakan.  Program ini juga dipergunakan oleh organisasi amal lainnya sebagai solusi untuk menyediakan makanan secara adil di masyarakat pedesaan;  itu menjadi jembatan untuk  mengajarkan kepada masyarakat kalau plastik ini tidak hanya memiliki efek tetapi juga nilai dari sampah plastik ini.  Ini telah memungkinkan orang untuk merasa diberdayakan, berguna, mandiri. 

 Saat ini, Plastic Exchange ditemukan di lebih dari 200 desa di seluruh Bali dan telah mengumpulkan 50.000+ kg plastik dan mendistribusikan 55.000+ kg beras.

 Melalui pencapaian signifikan ini, yang didorong oleh komunitas, I Made Janur Yasa telah dinominasikan sebagai salah satu dari Sepuluh Pahlawan CNN Teratas tahun 2021. Ini adalah suatu kehormatan yang layak untuk beliau!

Mari Bersama Jaga dan Lestarikan Lingkungan!
Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!
Uang THR
Mau Investasi Dengan Uang THR? Cek Perbandingan Keuntungan Di Sini!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

bunga investasi
mobil di depan bendera jepang
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Uang THR

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id