Hal yang Harus Dihindari Saat Memilih Investasi

CEO Danamart Patrick Gunadi (kanan) mewakili Danamart investasi securities crowdfunding dalam keikutsertaannya dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan
CEO Danamart Sekaligus Sekjen ALUDI Patrick Gunadi (kanan)

Kini, banyak anak muda yang telah sadar untuk investasi dan menjadikannya kebiasaan yang tidak boleh dilewatkan setiap bulannya. Terbukti, 85,10% masyarakat Indonesia telah mampu mengakses layanan keuangan, menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK tahun 2022. Namun, tingginya inklusi keuangan tersebut masih perlu didukung oleh penguatan literasi atau pemahaman akan produk dan layanan keuangan yang baru mencapai 49,68%. Supaya kamu terhindar dari kesalahan memilih produk investasi yang tepat, yuk pahami hal-hal yang harus dihindari saat membuat keputusan untuk berinvestasi!

 

Tiga Hal yang Perlu Dihindari dalam Mengambil Keputusan Investasi

 

Hanya Fokus pada Keuntungan

Memang, tujuan investasi adalah untuk meningkatkan jumlah dan nilai uang yang kamu punya dengan keuntungan yang akan didapat. Tapi, kamu juga harus mempelajari dan memahami mekanisme pembagian keuntungan. Misalnya, apakah dividen atau imbal hasil akan ditransfer ke rekening investor? Atau, apakah investor perlu menjual produk investasinya untuk bisa menggunakan uang hasil investasi? Tidak kalah penting, kamu juga perlu membaca dan memahami risiko investasi yang akan dihadapi. Ingat, tingkat potensi keuntungan sebanding dengan risiko, serta tidak ada investasi terpercaya tanpa risiko.

 

Tidak Memahami Tujuan Berinvestasi

Sederhananya, poin ini dapat dijawab dengan pertanyaan “Apa yang ingin saya beli atau dapatkan dari investasi ini?” Bukan tanpa sebab, memahami tujuan investasi secara jelas ikut membantu untuk menentukan alokasi dana untuk investasi, jangka waktu investasi, dan dalam berapa lamakah kamu perlu memperoleh hasil dari investasi tersebut. Misalnya, jika kamu ingin membeli rumah, maka pilihlah investasi jangka menengah dengan waktu 1-5 tahun atau 5-10 tahun.

 

Tidak Merencanakan ‘Jatah Investasi’ 

Berkaitan dengan nomor dua, kamu perlu menyisihkan uang dari penghasilan bulanan dengan jumlah yang tidak menyulitkanmu untuk memenuhi kebutuhan di hari-hari berikutnya. Sebagai tambahan, hindari menggunakan uang yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan lain, tapi pakailah ‘uang dingin’ atau uang ‘nganggur’ di simpananmu yang tidak perlu digunakan untuk apapun.

 

Solusi Investasi Nyaman dan Produktif dari Danamart

Tidak seperti pemahaman orang-orang bahwa investasi perlu uang yang banyak, kamu cukup menyisihkan 10-20% dari penghasilan bulanan untuk bisa melakukannya. Malahan, di securities crowdfunding Danamart, kamu hanya perlu menyisihkan minimal Rp100.000,00 setiap bulannya untuk investasi dengan keuntungan sampai dengan 18% per tahun, serta imbal hasil yang akan ditransfer ke rekening investor pada jadwalnya. Mantap, bukan? Yuk, pelajari selengkapnya atau segera bergabung untuk mulai investasi dengan klik tombol di bawah ini!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id