Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Investor Pemula (Beginner Investor)

Baru ingin memulai investasi? Tapi masih bingung apa saja yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi? Berikut ini akan dibahas mengenai hal-hal yang perlu menjadi perhatian Anda sebelum memulai invest ataupun menjadi beginner investor atau investor pemula.

  • Toleransi Risiko

Sebelum mulai berinvestasi, Anda sebaiknya memahami toleransi diri Anda sendiri terhadap risiko.  Investasi seperti saham dapat membuat beberapa orang merasa sangat tidak was was saat harga saham turun, yang dapat menyebabkan Anda menjual saham tersebut pada kondisi terburuk.  Mengetahui toleransi risiko akan membantu Anda memilih investasi mana yang paling cocok untuk Anda.

  • Sasaran Keuangan

Tetapkan sasaran jangka pendek dan jangka panjang yang ingin Anda capai melalui menabung dan berinvestasi.  Memahami tujuan akan membantu Anda dalam mengembangkan rencana financial yang baik.

  • Aktif atau Pasif

Anda juga harus memutuskan apakah Anda ingin menjadi investor pasif atau aktif.  Investor pasif biasanya memiliki aset seperti reksa dana terdiversifikasi atau ETF yang mengenakan biaya rendah, sementara investor aktif mungkin memilih investasi individu atau reksa dana yang bertujuan untuk mengungguli pasar.  Penelitian telah menunjukkan bahwa investasi pasif cenderung mengungguli investasi aktif dari waktu ke waktu.

  • Melakukan Sendiri atau Mempekerjakan Orang Lain

Anda juga dapat memilih untuk mengelola investasi Anda sendiri melalui broker online, atau menyewa penasihat keuangan (atau robo-advisor) untuk membantu Anda.  Anda mungkin akan dikenakan biaya yang lebih rendah jika Anda melakukannya sendiri, tetapi seorang penasihat dapat membantu investor pemula atau beginner investor.

  • Pajak

Jika Anda memiliki investasi di rekening perorangan atau bersama, Anda mungkin harus membayar pajak atas bunga, dividen dari keuntungan modal yang Anda peroleh.  Anda dapat menghindari pajak ini dengan memiliki investasi di rekening pensiun.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebagai beginner investor atau investor pemula jangan sampai Anda melewatkan hal-hal penting tersebut yang nantinya akan membuat Anda merasa rugi dalam investasi.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id