Gak Perlu Puasa Jajan Kopi Biar Kaya, Sisihkan Uangmu Dengan 3 Cara Ini!

Hand with moneybox and coins isolated icon
Sumber: Freepik

Kenapa Bisa Ada Anjuran Gak Jajan Kopi Biar Kaya?

Menurut Kevin O’Leary, investor “Shark Tank”, jajan kopi adalah pemborosan karena, uang yang dipake untuk beli kopi (sekitar 2 dolar) harusnya bisa digunain untuk numpuk investasi. Yap, emang sih, harga kopi di kedai-kedai kopi itu lebih mahal beberapa kali lipat dari bikin sendiri. Misal, bikin kopi sendiri cuma perlu 3 ribu rupiah untuk beli satu saset, tapi jajan kopi perlu ngabisin 20-50 ribu untuk satu gelasnya.

Sebenernya, kebiasaan jajan kopi ada alasannya. Beli kopi dari kedai kopi adalah cara praktis dapetin kopi yang enak dan bisa bikin semangat kerja balik lagi. Daripada bikin sendiri? Belom tentu rasanya enak.

Dan apakah jajan kopi bener-bener menghambat kamu untuk kaya?

Salah, Kamu Bisa Jajan dan Terus Membangun Kekayaan

Pendapatnya Om O’Leary disanggah oleh Ramit Sethi, jutawan penasihat keuangan dan pengusaha sukses yang nulis buku “I Will Teach You to Be Rich”. Kata Om Sethi, yang penting adalah alokasi uangnya, bukan apa aja yang gak boleh dibeli. Om Sethi juga mengatakan, mau kamu jajan kopi atau nggak, pertumbuhan uang itu emang harus dibangun perlahan-lahan dan terencana.

Jadi, yang penting ngopinya jangan mahal-mahal dan keseringan, guys! Jangan lupa juga sisihin uang dengan cara di bawah ini.

3 Cara Nyisihin Uang

  1. Sisihin sebelum belanja. Sebelum uang kamu habis untuk kebutuhan, jajan, dan checkout-checkout, tabung, investasi, dan kumpulin dana darurat dulu ya! Dengan begitu, kamu bisa lebih tahu jumlah uang yang seharusnya kamu belanjain dan gak merasa boros juga, kan udah nabung.
  2. Bikin tujuan nabung, investasi, dan kumpulin dana darurat. Tujuannya boleh sesimpel untuk ngumpulin dana liburan atau beli handphone idaman, kok. Apa aja, pokoknya bisa bikin kamu rajin menabung dan investasi.
  3. Ikutin aturan 50-30-20. 50% kebutuhan hidup, 30% keinginan pribadi, dan 20% untuk tabungan dan investasi.

Tips Hemat Anti Berat dari Admin

Sering-sering berburu promo diskonan kopi, coba belajar bikin kopi yang enak biar gak perlu tiap hari beli, dan gabung Danamart Academy untuk belajar pengelolaan keuangan yang sehat dan bikin happy!

Referensi

https://finance.yahoo.com/news/buying-coffee-keep-getting-rich-185200442.html?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAAL5NfsrezSGPEj9FaUiZOGcBVdK6IDyzrY_VVaqmWxvXGAPp1jh1Sa0JUtrKqEDHRnUoGDBXNbNdA_rKAve4Z7IYc-UgerRJIyRbgWSdkOtkXFXr4158RgaTWbigC9Pnu-bifUlcQ6Detqbgsohn_i46wV2E7n5bx9U5zUyvpCGh

https://bloggerspassion.com/ramit-sethi-net-worth/

https://finansial.bisnis.com/read/20220216/55/1501277/cara-mengatur-gaji-pakai-metode-503020-agar-cashflow-terarah

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id