Dampak Investasi Sustainable Finance dan ESG

Sustainable finance atau keuangan berkelanjutan adalah istilah umum untuk berbagai pendekatan investasi yang lebih dari sekadar melihat risiko dan hasil keuangan.

Pusat keuangan yang berkelanjutan harus memastikan dan meningkatkan efisiensi ekonomi, kemakmuran, dan daya saing ekonomi baik saat ini maupun dalam jangka panjang, sambil berkontribusi untuk melindungi dan memulihkan sistem ekologi, serta meningkatkan keragaman budaya dan kesejahteraan sosial.

Penggabungan investasi dengan sektor ESG mempertimbangkan lingkungan, komunitas, kriteria tata kelola sosial dan perusahaan lainnya dalam analisis investasi dan konstruksi portofolio di berbagai kelas aset.

Segmen penting, investasi komunitas, berupaya secara eksplisit untuk membiayai proyek atau lembaga yang akan melayani masyarakat miskin dan kurang terlayani.

Bagi mereka yang memiliki saham di perusahaan publik, dapat mengajukan resolusi pemegang saham dan mempraktikkan bentuk keterlibatan pemegang saham lainnya.  Strategi investasi berkelanjutan bekerja sama untuk mendorong praktik bisnis yang bertanggung jawab dan mengalokasikan modal untuk manfaat sosial dan lingkungan di seluruh perekonomian.

ESG

ESG mengacu pada praktik Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola dari suatu investasi.

Integrasi faktor ESG digunakan untuk meningkatkan analisis keuangan tradisional dengan mengidentifikasi potensi risiko dan peluang di luar penilaian teknis. Meskipun ada kesadaran sosial yang tumpang tindih, tujuan utama penilaian ESG tetap kinerja keuangan.

Dampak Investasi

Dampak investasi lebih dari sekadar menghindari bahaya dan mengelola risiko dengan metode ESG.  Ini bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan investasi untuk berbuat baik bagi masyarakat dengan memilih dan mengelola investasi untuk menghasilkan dampak positif.

Dampak dari investasi didefinisikan sebagai investasi yang dilakukan ke dalam perusahaan, organisasi, kendaraan, dan dana dengan maksud untuk berkontribusi pada dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dapat diukur, di samping keuntungan finansial.

Untuk Anda yang ingin berinvestasi tetapi juga mementingkan faktor ESG, segera cek website danamart untuk informasi lebih lanjut.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id