Jenis-jenis Urun Dana Crowdfunding, Keuangan Digital yang Berpotensi Mendukung Kemajuan Ekonomi Indonesia

Ilustrasi cara kerja crowdfunding untuk mendukung pendanaan usaha, ide bisnis, proyek, maupun sumbangan untuk kegiatan kemanusiaan
Ilustrasi cara kerja crowdfunding. Image by pch.vector on Freepik

Semakin hari, semakin banyak produk keuangan digital yang menguntungkan dan mudah diakses dari smartphone. Contohnya, per 1 Agustus 2023, tercatat ada 366 perusahaan keuangan digital (fintech) yang ada di Asosiasi Fintech Indonesia. Perusahaan-perusahaan tersebut menyediakan banyak jenis produk untuk investasi, seperti tabungan emas, saham, obligasi, reksadana, dan sebagainya. Ada pula yang menyediakan layanan untuk investasi sekaligus menambah modal usaha, seperti crowdfunding. Apa itu crowdfunding? Apa saja jenisnya? Dan, apa kelebihan crowdfunding? Yuk, pelajari sama-sama!

 

Apa Itu Crowdfunding?

Crowdfunding atau urun dana adalah cara untuk mendanai proyek maupun mendukung penambahan modal usaha sebuah perusahaan. Secara sederhana, cara kerja crowdfunding sama seperti donasi atau patungan, yaitu “mengumpulkan” uang dari banyak orang. Hanya saja, istilah ‘crowdfunding’ biasanya digunakan untuk menyebut layanan pengumpulan dana yang dilakukan secara digital, atau melalui platform yang sifatnya online.

 

Jenis-jenis Crowdfunding

Walaupun crowdfunding seolah-olah identik dengan kegiatan menambah tabungan uang dari investasi atau meningkatkan modal, layanan keuangan digital ini memiliki beberapa kegunaan. Berikut adalah jenis-jenis crowdfunding sesuai kegunaannya, bahkan ada yang ternyata sudah banyak digunakan dalam kegiatan kemanusiaan.

 

Reward-based

Crowdfunding jenis ini mengumpulkan dana dari banyak orang untuk kebutuhan pembiayaan proyek atau bisnis, namun dengan imbalan atau hasil yang bukan berupa uang. Reward-based crowdfunding biasa dilakukan di industri kreatif, seperti game, untuk mendapatkan dana pengembangan produk dengan hadiah (reward) berupa benda-benda penunjang game atau akses ke versi game premium.

 

Donasi

Berbeda dari reward-based, donasi tidak memberikan imbalan apapun kepada pihak yang membantu pembiayaan karena sifatnya yang 100% sukarela, didorong oleh rasa empati, dan bertujuan untuk mendukung program kemanusiaan. Sering melihat kotak sumbangan di tempat umum? Atau bahkan menyumbang untuk korban bencana alam, pembangunan masjid, pembangunan sekolah di pelosok, dan sebagainya? Hal-hal tersebut adalah contoh dari crowdfunding donasi.

 

P2P Lending

P2P lending adalah cara membiayai proyek atau usaha dengan mengumpulkan dana dari banyak orang melalui platform digital dan nantinya, dana yang berhasil dikumpulkan ini akan dicatat sebagai pinjaman yang akan dikembalikan dalam bentuk bunga. Tingkat bunga pinjaman P2P lending dapat berbeda-beda dalam setiap platform.

 

Equity Crowdfunding

Sama-sama berupa urun dana atau crowdfunding, equity crowdfunding juga mengumpulkan dana dari orang banyak (Investor) melalui platform digital. Perbedaannya adalah, equity crowdfunding hanya menyediakan dukungan pembiayaan untuk usaha dan “menukar” dukungan pembiayaan yang telah diberikan oleh Investor dengan kepemilikan efek berbasis ekuitas atau saham. Cara kerja pemberian imbalan dalam layanan ini mirip dengan saham, yaitu dengan pembagian dividen atau perolehan keuntungan dengan menjual efek.

 

Securities Crowdfunding

Securities crowdfunding adalah metode untuk mengumpulkan dana dari banyak orang melalui platform digital untuk modal usaha atau proyek. Serupa tapi berbeda dari equity crowdfunding, securities crowdfunding menyediakan efek berbasis utang atau obligasi, di samping efek berbasis ekuitas atau saham. Pemberi biaya di securities crowdfunding juga disebut Investor, dan Investor di layanan securities crowdfunding memiliki pilihan efek investasi yang lebih banyak. Investor dapat memilih saham atau obligasi, sesuai kebutuhan pengumpulan uang dengan jumlah dan jangka waktu tertentu.

 

Manfaat Crowdfunding untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Layanan crowdfunding memiliki potensi untuk terus bertumbuh. Buktinya, hingga 2022, sebanyak Rp437 miliar telah dihimpun melalui layanan crowdfunding dari sekitar 96 ribu Pemodal. Selain itu, ada sejumlah kemudahan crowdfunding yang mendukung perluasan akses keuangan, mulai dari modal minimum hingga kelebihan dari sisi kemudahan akses teknologi. Bahkan, sejumlah Penyelenggara menyelenggarakan layanannya dengan prinsip yang memungkinkan semua kalangan untuk mengakses layanan keuangan tanpa menghadapi benturan moral karena dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat, seperti prinsip syariah dan ESG.

 

Platform Investasi Crowdfunding

Ada lebih dari 10 Penyelenggara yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Danamart, securities crowdfunding yang berizin dan diawasi OJK. Selain penuh manfaat baik, investasi securities crowdfunding Danamart juga punya potensi keuntungan yang bersaing, yaitu 15%. Minimum investasinya juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp100.000,00. Tertarik? Pelajari selengkapnya tentang securities crowdfunding di sini dan hitung potensi keuntunganmu di menu Simulasi Investasi!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang
Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id