Cara Mendapatkan Modal Bisnis

Banyak orang yang memimpikan untuk mempunyai bisnis sendiri, namun beberapa dari mereka terhalang oleh modal. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan modal bagi anda yang ingin membuat bisnis sendiri

  • Memakai Uang Sendiri

Anda lebih baik mendanai bisnis anda sendiri jika anda bisa mengelolanya. Anda dapat menghindari pembayaran bunga yang mahal, dan tidak perlu melepaskan kepemilikan ekuitas yang berharga dalam bisnis anda

  1. Tabungan Pribadi

Anda tentu saja dapat mendanai bisnis anda dengan tabungan anda sendiri. Namun, jangan terjebak memikirkan tingkat tabungan anda saat ini. Jika anda bermimpi meluncurkan bisnis anda sendiri, anda mungkin perlu berhenti menghabiskan begitu banyak uang di dunia luar dan mulai  menaruh uang anda di tempat impian anda.

  1. Hasilkan Lebih Banyak Uang

Anda memiliki dua opsi untuk memperlebar jarak antara pendapatan dan pengeluaran anda: belanja lebih sedikit atau dapatkan lebih banyak. Cari cara untuk menghasilkan uang lebih banyak, seperti menegosiasikan kenaikan gaji atau mengambil pekerjaan dengan gaji lebih tinggi atau memulai bisnis sampingan. Cari cara untuk memulai bisnis anda di samping pekerjaan penuh waktu anda. Jika anda ingin memulai perusahaan pengembangan web anda sendiri, misalnya, mulailah mengambil proyek pengembangan sampingan di platform freelance..

  1. Jual Aset

Pikirkan barang-barang yang bisa anda jual untuk mengumpulkan uang. Misalnya seperti kendaraan pribadi. Selain itu, anda juga dapat menjual aset keuangan tentunya, seperti saham, obligasi, real estate, elektronik kelas atas, atau barang berharga lainnya.  Meskipun anda mungkin dikenai pajak capital gain, anda juga memiliki banyak cara untuk mengurangi atau menghindarinya juga.

  • Pinjaman Pribadi

Pinjaman pribadi mungkin membebankan suku bunga yang cukup tinggi, tetapi mereka tidak memerlukan jaminan dalam pencairan uangnya. Sebagai pinjaman tanpa jaminan, pemberi pinjaman cenderung membatasi pinjaman pribadi pada jumlah pinjaman maksimum yang lebih rendah daripada beberapa jenis pinjaman lainnya. Jika Anda membutuhkan modal awal yang relatif kecil, pinjaman pribadi mungkin bisa menjadi salah satu alternatifnya.

  • Pinjaman Peer-to-Peer

Pinjaman peer-to-peer (P2P) melibatkan peminjaman uang dari investor individu melalui platform pinjaman P2P online. Dengan cara anda memposting detail pinjaman anda di platform P2P dengan menyebutkan jumlah yang diinginkan dan alasan pinjaman. Calon investor akan meninjau permintaan tersebut dan setuju untuk mendanai sebagian dari pinjaman anda. Setelah cukup banyak orang telah memberikan kontribusi untuk mendanai pinjaman anda secara penuh, anda  akan menerima uang kemudian melakukan pembayaran bulanan tetap melalui platform P2P tersebut.

  • Crowdfunding

Crowdfunding membantu pengusaha untuk mendanai bisnis mereka dengan kontribusi kecil dari banyak individu. Pengusaha yang mencari crowdfunding dapat mengumpulkan uang melalui utang, menawarkan ekuitas, menawarkan produk masa depan lebih awal atau dengan diskon, atau yang lainnya. Calon pengusaha yang yang ingin menggunakan crowdfunding perlu memahami terlebih dahulu mengenai crowdfunding ini.

Itulah beberapa cara untuk calon pengusaha dalam mendapatkan modal. Semoga dapat membantu bagi anda yang sedang mencari modal usaha.