Cara Mendapatkan Capital Raise Untuk UMKM

Bagaimana Cara Mendapatkan Capital Raise Untuk UMKM?

Modal adalah uang atau sumber daya yang disisihkan untuk tujuan tertentu, biasanya memulai atau mengembangkan perusahaan.  Semua bisnis, terlepas dari ukurannya, membutuhkan modal untuk mengimbangi biaya operasional harian, membangun infrastruktur, antara lain untuk pemasaran, penelitian, dan pengembangan, akuisisi pelanggan. 

Perusahaan besar seringkali memiliki banyak pilihan yang terbuka bagi mereka sejauh menyangkut dukungan keuangan. Namun, untuk pelaku usaha UMKM, mengamankan pembiayaan konvensional bisa menjadi tantangan besar dan bisa berarti kematian mereka. Berikut beberapa alternatif di mana UMKM dapat meningkatkan modal: 

  • Angel Investor

 Ini berarti Anda telah memiliki pengusaha dan atau perusahaan sukses yang dapat memberikan dana mereka ke bisnis Anda untuk potensi keuntungan di masa depan.  Mereka bersedia untuk berinvestasi pada tahap awal atau tahap pertumbuhan awal dengan imbalan ekuitas dalam usaha tersebut.  Mereka bisa menjadi teman atau anggota keluarga tetapi kebanyakan orang asing yang tertarik untuk membantu perusahaan baru dengan ide-ide inovatif untuk mewujudkannya.   

  • Crowdfunding

Ini adalah praktik penggalangan modal dengan mendapatkan kontribusi kecil dari masyarakat, biasanya melalui platform online atau berbasis seluler.  Kontributor kemudian menerima semacam imbalan dari bisnis, yang bisa berupa hadiah, diskon, atau bahkan ekuitas.  Ini masih merupakan konsep baru di Indonesia dan telah di sah-kan oleh Presiden Jokowi pada awal tahun kemarin.

  • Pinjaman

 Di sinilah bisnis meminjam dari individu, lembaga keuangan mikro atau bank sejumlah yang harus dilunasi setelah jangka waktu tertentu dengan bunga.  Pinjaman biasanya lebih sulit untuk didapatkan, apalagi harus ada jaminan yang bisa Anda jaminkan di Bank. 

Kesimpulannya, mendapatkan modal untuk pelaku usaha UMKM sudah tidak sesulit dulu. Selain itu, inovasi dan kemajuan teknologi membuat daftar tersebut akan terus bertambah.  Jika pemilik bisnis berpikir out of the box, atau setidaknya melakukan riset, mendapatkan modal tidak akan menjadi masalah.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!
Uang THR
Mau Investasi Dengan Uang THR? Cek Perbandingan Keuntungan Di Sini!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

bunga investasi
mobil di depan bendera jepang
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Uang THR

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id