Cara Memilih Manajer Investasi Untuk Kelola Dana Investasi

Gambar pria berjas dan berdasi yang sedang menjadi manajer investasi
Image by macrovector on Freepik

Manajer investasi adalah orang atau perusahaan yang mengelola dana investasi untuk didiversifikasikan atau ditambah dan dilindungi nilainya melalui sejumlah aset investasi. Tugas utama dari manajer investasi adalah berupaya memaksimalkan keuntungan investasi investor dan melaporkan kinerja investasi kepada investor.

 

Manajer investasi seringkali dibutuhkan investor yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memantau, memindahkan, dan menambah aset investasi karena kegiatan-kegiatan tersebut perlu banyak waktu untuk analisis.

 

Cara Memilih Manajer Investasi

 

Dalam memilih manajer investasi, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan untuk memastikan bahwa investasi kita menghasilkan keuntungan maksimal, serta pemilihan aset investasi yang terpercaya dan sesuai gaya investasi.

 

Pilih Manajer Investasi Berizin OJK

Izin OJK adalah salah satu penanda bahwa pengelola dana investasi dinilai mampu dan siap untuk mematuhi sejumlah regulasi untuk menjaga keamanan dan kepercayaan dengan investor. Contohnya adalah kesiapan untuk memberitahukan risiko investasi, melakukan pengelolaan dana investasi sesuai kontrak atau perjanjian yang berlaku, dan inisiatif untuk memberikan informasi tentang aset investasi yang kemungkinan akan dipilih.

 

Pastikan Ada Sertifikat WMI

Sertifikat WMI atau Wakil Manajer Investasi diperlukan untuk membuktikan komitmen untuk mematuhi prinsip kerja manajer investasi dan kemampuan sumber daya manajer investasi untuk membantu investor memaksimalkan keuntungan dan melindungi nilai asetnya.

 

Cek Jumlah Dana Kelolaan

Kurang lebih, mengetahui dana kelolaan manajer investasi mirip fungsinya dengan mempelajari portofolio calon karyawan atau rekan kerja, yaitu untuk mengetahui pengalamannya dalam mengelola dana investasi. Semakin banyak pengalaman manajer investasi, biasanya dana kelolaannya akan lebih besar.

 

Pastikan Kesesuaian Gaya Investasi

Gaya investasi adalah kecenderungan strategi dan cara mengelola dana investasi oleh manajer investasi. Gaya investasi sendiri dapat dipelajari dari dua aspek, yaitu fokus tujuan investasi dan profil risiko. Tujuan investasi sendiri ada dua, yaitu mengejar pertumbuhan harga aset dari waktu ke waktu (growth) atau meminimalkan modal investasi sambil mengejar pertumbuhan aset di masa mendatang (value).

 

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

 

Di layanan investasi securities crowdfunding Danamart, kamu bisa menjadi manajer investasi, lho! Kinerja investasi dan pembagian keuntungan kamu dapat dipantau secara menyeluruh dalam satu halaman secara mudah. Selain itu, dana investasi yang ada di akun kamu dapat digunakan untuk menambah aset investasi secara mudah, sesuai pilihan. Tertarik? Kunjungi & pelajari lebih lanjut tentang investasi securities crowdfunding Danamart di www.danamart.id

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id