Arah Fintech Indonesia

Di tengah melejitnya kinerja Ant, fintech asal Tiongkok, Indonesia masih belum mampu menentukan kiblatnya dalam industri ini. Founding Director Asosiasi Fintech Indonesia Ajisatria Suleiman menilai teknologi finansial di Indonesia masih meraba-raba arah kiblatnya, antara AS atau Tiongkok. “Di AS banyak fintech besar tapi terdistribusi, sementara di Tiongkok ada dua super platform, Alipay dan WeChat Pay,” ucap Aji.

Indonesia sebenarnya tak perlu berkiblat, sambung Aji. Sebab, Indonesia memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dari dua raksasa ekonomi dunia itu. Salah satunya adalah tingkat literasi perbankan Indonesia yang masih rendah, meski sekitar 60% di antaranya memiliki ponsel pintar sendiri. Pada awal kemunculan fintech di Tiongkok, sekitar 75% penduduknya sudah memiliki rekening di bank. Sehingga, model produk fintech didesain agar tersinkronisasi dengan perbankan. “Kalau Alipay, kita download langsung diminta rekening lalu otomatis link. Di Indonesia saat ini masih banyak yang harus top up untuk masyarakat yang tidak punya rekening bank,” kata Aji.

Ketua Harian Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) Kuseryansyah mengatakan, ekosistem fintech di Indonesia dapat diperkuat melalui utilisasi infrastruktur secara maksimal. Jika infrastruktur digitalnya sudah baik, adopsinya pun akan tinggi. Contoh infrastruktur digital yang dimaksud seperti pemanfaatan KTP elektronik dari Dukcapil. Hal ini juga dapat mengurangi risiko konsumen fiktif dalam pelaksanaan layanan.

“Kalau ada yang mengajukan pinjaman pada layanan peer-to-peer, khususnya yang berada di lokasi jauh seperti Papua, proses underwriting-nya bisa dilakukan lewat data itu,” kata Kus dalam WartaEkonomi.Sayangnya, fintech di Indonesia belum bisa mengakses data KTP elektronik di Dukcapil lantaran berbagai isu seperti keamanan, kedaulatan data, hingga keamanan siber.

Sumber            : https://beritagar.id/artikel/berita/industri-fintech-sukses-memikat-investor-besar

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial
Hubungan Baik Adalah Investasi Yang Berharga. Jaga Silaturahmi Saat Lebaran Dengan Tips-tips Ini!

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang
Perdagangan internasional, contoh penerapan modal sosial

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id